PedomanBengkulu.com, Lebong – Kembali, masyarakat Desa Muning Agung Kecamatan Lebong Sakti disuguhkan munculnya Bunga Titan Arum dengan nama lain Amorphophallus Titanum. Atau biasa disebut juga Bunga Kibut atau Bunga Bangkai. Yang memang setiap tahunnya biasa tumbuh di sekitar kawasan wisata Air Terjun Bioa Ba’es. Bahkan kali ini, Bunga Kibut sekitar 2 meter lebih tumbuh didekat kolam pemandian ujung jalan sekitar 100 meter dari menuju lokasi Air Terjun Bioa Ba’es. Tentunya lokasinya mudah dicapai, jika para pecinta bunga langkah atau para pengunjung yang ingin menuju Air Terjun, pasti langsung menemukan posisi Bunga Kibut yang berada diatas areal parkir motor.

Kades Muning Agung, Putra Tegor S.IP kepada PedomanBengkulu.com menyampaikan, kalau memang Bunga Kibut hampir setiap tahun sering muncul diseputaran kawasan Air Terjun Bioa Ba’es. Untuk itu setiap kemunculan tunas Bunga Kibut tersebut, pihaknya pasti langsung memagari agar Bunganya bisa mekar sempurna.

“Memang sudah biasa dilokasi Air Terjun Bioa Ba’es sering muncul Bunga Kibut. Walaupun sudah biasa, mungkin sebagian orang itu masih luar biasa. Makanya kami sering beri pagar, agar mereka yang datang ke Air Terjun Bioa Ba’es bisa ikut mengabadikan hingga mekar sempurna,” sampai pria yang akrab disapa Tegor ini Kamis (9/1/2020) sore.

Ditambahkan Tegor, Bunga Kibut ini diperkirakan akan mekar dalam dua hari ini. Karena lokasinya mudah dijangkau, dirinya berpesan kepada masyarakat yang memang memiliki kebun sekitar tumbuhnya Bunga Kibut dapat ikut menjaga sampai mekar sempurna. Bahkan salah satunya yang kebetulan berkebun diwilayah tersebut juga dipesankan untuk ikut memantau perkembangannya.

“Dalam dua hari mungkin mekar sempurna, jadi kepada masyarakat yang ingin melihat bisa datang ke lokasi Air Terjun Bioa Ba’es, mengabadikan Bunga sekaligus menikmati alam kawasan Air Terjun Bioa Ba’es yang saat ini sudah kami bangun jalan melalui Dana Desa 2019,” pungkasnya. [Supriyadi]