PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Sejak dibuka pendaftaran untuk tes Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong pada tanggal (18/1/2020) hingga Kamis (23/1/2020) tercatat telah ada 404 orang yang mendaftar untuk 15 Kecamatan di Rejang Lebong. Mayoritas calon peserta tes PPK ini berpendidikan strata 1 atau sarjana yakni sebanyak 185 orang dan diikuti lulusan SMA sederajat sebanyak 182 Orang dan lulusan Diploma sebanyak 37 orang.

Disampaikan Ketua KPU Rejang Lebong, Restu Wibowo, pendaftaran calon peserta tes PPK ini akan ditutup pada hari Jumat (24/1/2020) pada pukul 16.00 WIB.

“Dari seluruh calon peserta tes PPK yang telah mendaftar sebanyak 278 orang pendaftar laki-laki dan sebanyak 126 orang calon peserta perempuan. Dari 15 kecamatan di Rejang Lebong, pendaftar terbanyak ada di kecamatan Curup Tengah yakni 53 orang diikuti kecamatan Curup sebanyak 48 orang dan kecamatan Curup Utara sebanyak 43 orang. Pendaftar paling sedikit yakni di kecamatan Sindang Kelingi yakni 11 orang dan kecamatan Kota Padang Sebanyak 15 pendaftar,” kata Restu.

Ditambahkan Restu, untuk PPK yang akan diambil dari masing-masing Kecamatan yakni sebanyak 5 orang dan peserta ini ditentukan melalui hasil tes dan wawancara yang akan dilakukan oleh panitia.

“Untuk saat ini, kuota minimal yakni sebanyak 10 orang sudah terpenuhi sehingga bisa dipastikan kita tidak akan memperpanjang proses pendaftaran, apalagi untuk waktu pendaftaran yang sudah kita jadualkan yakni dari tanggal (18-24/1) masih tersisa 1 hari lagi,” kata Restu.

Ditambahkan Restu, kegiatan perekrutan PPK KPU RL di tahun ini dilengkapi dengan sistem scan data. Di mana, bertujuan untuk mempermudah peserta dan anggota panitia dalam melakukan proses verifikasi data dan melihat data masing – masing peserta ke depannya.

“Jika sebelumnya, data peserta yang melakukan pendaftaran hanya dapat dilihat secara manual oleh panitia. Namun, di tahun ini, data dilengkapi dengan sistem scan data. Jadi, apabila ke depan ada pihak yang memerlukan data tersebut, mulai dari proses pendaftaran dan perekrutan dapat dilihat secara langsung,” tutup Restu. [Julkifli Sembiring]