PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Komisi II DPRD Kota Bengkulu melakukan inspeksi mendadak (sidak) dibeberapa titik kawasan perumahan rawan banjir pada Selasa (21/1/2020) pagi.

Sidak ini dilakukan di RT 9 Perumnas Graha Asri Kelurahan Pekan Sabtu dan Perumnas Betungan Asri Rt 16 Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar kota Bengkulu.

“Sidak kali ini ditemukan drainase-drainase yang sudah tertutup sehingga membuat air tergenang di kawasan perumahan tersebut,” ungkap ketua DPRD kota, Suprianto.

“Air dikawasan ini tidak mengalir, dataran yang di ujung lebih tinggi sehingga airnya tidak mengalir. Nah solusinya adalah kita buka lagi drainasenya supaya air dapat mengalir,” kata Suprianto.

Lanjutnya, pihaknya akan meminta Dinas PUPR untuk melakukan normalisasi agar drainase yang tidak berfungsi ini kembali berfungsi.

“Setelah peninjau ini, kita minta pihak PUPR dapat menggunakan anggaran pemeliharaan untuk melakukan normalisasi, sudah cukup masyarakat disini mengeluhkan ketika hujan digenangi air,” jelas Suprianto.

Sementara, Plt Kadis PUPR kota Noprisman mengatakan, PUPR akan segera melakukan pembenahan di kawasan rawan akan tergenang air.

“PUPR akan melakukan normalisasi secara gotong royong dengan masyarakat untuk mengangkat sedimennya. Kita juga akan akan berkoordinasi dengan BPBD karena mereka memiliki program pengurangan resiko bencana. Jadi demikian banjir itu dapat dikendalikan,” tutup Noprisman. [Soprian]