PedomanBengkulu.com, Lebong – Setelah Surat Keputusan (SK) Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lebong berakhir tahun 2018 lalu, kemudian terjadinya kekosongan kepengurusan. Doni Swabuana ST M.Si ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KONI Kabupaten Lebong.

Penunjukan jabatan Plt Ketua KONI Kabupaten Lebong ini ditandatangani langsung oleh Ketua Umum KONI Provinsi Bengkulu Mufran Imron SE, berdasarkan surat keputusan KONI Provinsi Bengkulu nomor 25 tahun 2019 tertanggal 31 Desember 2019. Tentang penunjukan pejabat sementara (Carateker) Pengurus KONI Kabupaten Lebong.

Sebagai Plt. Ketua KONI Kabupaten Lebong, Doni bersama 5 pengurus Carateker lainnya, diminta untuk menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Kabupaten Lebong dalam pemilihan Ketua Umum KONI Kabupaten Lebong. Tugas tersebut diberikan batas waktu selambat-lambatnya 45 hari terhitung sejak tanggal surat keputusan tersebut dikeluarkan.

Dikonfirmasi kepada Doni Swabuana ST M.Si membenarkan kalau dirinya dimandatkan KONI Provinsi Bengkulu untuk menjadi Plt Ketua KONI Kabupaten Lebong. Bersama susunan Carateker lainnya, meliputi Wakil Ketua Drs Sanuludin, Sekretaris Sudirman SE, Wakil Sekretraris Bambang Hermanus S.Sos dan dua orang anggota Mulyadi dan Kaisar Agus SE.

“Tugas utama saya menyelenggarakan dan mensukseskan Musorkab KONI Kabupaten Lebong, untuk memilih Ketua Umum KONI yang definitif,” kata Doni yang juga menjabat Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Lebong kepada PedomanBengkulu.com Kamis (9/1/2020) sore.

Organisasi KONI, menurut Doni, sebagai induk semua cabang olahraga, tentunya semua cabang olahraga yang ada di Kabupaten Lebong harus hidup dan berkembang melalui pembinaan atlet dan pengembangan prestasi untuk mewakili Kabupaten Lebong dalam event olahraga tingkat Provinsi maupun di tingkat nasional.

“Jadi kepengurusan yang baru sudah harus dibentuk untuk menghidupkan semua cabang olahraga. Intinya prestasi tidak akan tercapai tanpa adanya pembinaan yang baik dari pengurus KONI,” beber Doni.

Ketika PedomanBengkulu.com menanyakan, apakah dirinya bersedia jika dipilih sejumlah pengurus Cabang olahraga, untuk menjadi Ketua Defenitif untuk membesarkan KONI Lebong. Dirinya menyampaikan kemungkinan itu bisa saja terjadi, yang jelas saat ini dirinya mengajak seluruh pengurus olahraga di Kabupaten Lebong untuk berkomitmen memajukan semua cabang olahraga, selain untuk prestasi juga untuk mengajak anak-anak muda melakukan kegiatan positif.

“Kita lihat saja nanti, yang jelas saya siap untuk mendukung kemajuan dunia olahraga di Kabupaten Lebong,” demikian Doni. [Supriyadi]