PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Bengkulu Senin (27/1/2020) melaksanakan fit and proper test kandidat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Lebong, yang bakal diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Menariknya, fit and proper test untuk kandidat yang dilaksanakan tim 5 DPW PAN ini, bisa dikatakan mencari pasangan Kopli Ansori di Pilkada Lebong. Karena hanya Ketua DPD PAN Lebong ini merupakan calon tunggal kandidat Cabup Lebong yang terdaftar di PAN. Sedangkan lainnya, meliputi Wabup Lebong sekarang Wawan Fernandez, Ketua Komisi I DPRD Lebong Wilyan Bachtiar, Pengusaha Karet di Palembang Putra Jaya dan Staf Ahli Bupati Lebong M Taufik Andari. Keempat-empatnya merupakan kandidat yang melamar mendampingi Kopli Ansori.

“Keempat-empatnya dengan tegas menyampaikan mereka siap mendampingi Kopli Ansori. Bahkan ada yang mengatakan, jika tidak mendampingi Kopli Ansori maka dirinya tidak akan maju,” sampai Ketua Tim 5 DPW PAN Provinsi Bengkulu, Dediyanto kepada PedomanBengkulu.com Senin (27/1/2020) sore.

Dikatakan Dediyanto, Khusus empat kandidat Cawabup Lebong memaparkan sejumlah kesiapannya untuk maju dalam Pilkada Lebong melalui jalur partai PAN kepada tim panelis meliputi dirinya selaku Ketua Tim 5 DPW, kemudian ada nama Agus Aswandi sekretaris Tim 5 DPW, Shalahuddin ketua DPD PAN Seluma, Benny Suryadiningrat Ketua DPD PAN Kabupaten Bengkulu Tengah dan Yusliadi Anggota Tim 5 DPW PAN Provinsi Bengkulu.

“Memang awalnya ada 5 kandidat yang melamar Cawabup Lebong di DPD PAN Lebong. Tapi yang saat fit and proper test hanya diikuti 4 orang, yakni Wawan Fernandez, Wilyan Bachtiar, Putra Jaya dan M Taufik Andari. Sedangkan sati lagi Sekretraris PAN Lebong Noharli tidak ikut fit and proper test,” ungkap politisi PAN yang juga Wakil ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu ini kepada .

Dihadapan panelis, lanjut Dediyanto, kandidat Cawabup ini mendapatkan empat pertanyaan kemudian membuka ruang diskusi antara kandidat dan tim panelis. Pertama terkait visi dan misi mereka sebagai Cawabup Lebong. Kedua, terkait cara dan pola mereka untuk penanggulangan kemiskinan. Selanjutnya pertanyaan ketiga, bagaimana mereka merubah postur APBD Lebong, termasuk bagaimana peningkatan PAD tanpa mencekik leher rakyat. Sedangkan yang keempat, bagaimana pola penggalangan koalisi atau membuka link komunikasi, baik itu antar kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Intinya kita mengapresiasi ada empat kandidat yang melamar Cawabup untuk mendampingi Kopli Ansori yang merupakan Ketua DPD PAN Lebong. Hasil fit and proper test akan kita sampaikan ke DPP PAN untuk mendapatkan rekomendasi pusat atas siapa yang nantinya bakal mendampingi Kopli Ansori di Pilkada Lebong,” demikian Dediyanto. [Supriyadi]