Film pendek garapan Rafflesia Motion, Gading, tayang perdana di Channel Youtube.

Sutradara Film ‘Gading’, Sofian, mengatakan, film Gading tayang perdana hari ini, Rabu (29/1/2020) mulai pukul 08.00 WIB di channel YouTube Rafflesia Motions.

“Bagi yang belum sempat nonton dan yang pengen nonton lagi film lokal karya asli anak Bengkulu silahkan nonton ya. Jangan lupa like, komen dan juga subscribe chanel YouTube Rafflesia Motions,” kata Sofian.

Ia menjelaskan, Film ‘Gading’ berdurasi 45 menit merupakan cerita fiksi yang mengambil lokasi syuting di Gunung Bungkuk dan sejumlah objek wisata di Bengkulu. Film ini telah dinyatakan lulus sensor oleh Lembaga Sensor Film RI.

“Film gading mengangkat kisah pertemuan Sultan dari Aceh dan Legenda Bengkulu Putri Gading Cempaka di Bumi Rafflesia,” jelas Sofian.

Film yang diproduseri oleh anggota DPD RI asal Bengkulu, Hj Riri Damayanti John Latief ini pertama Tayang di XXI Bencoolen 8 Maret 2018, atau bertepatan dengan peringatan Hari Perempuan Sedunia.

Senator termuda Indonesia itu menjelaskan, berdasarkan cerita rakyat, Putri Gading Cempaka hidup bersama Baginda Maharaja Sakti memimpin Kerajaan Sungai Lemau dengan arif dan bijaksana. Dari rahimnya, lahir raja-raja Kerajaan Sungai Lemau, kerajaan di Bengkulu tempo dulu.

“Mampu membangun kerajaan yang makmur dengan kepemimpinan yang arif dan bijaksana merupakan teladan yang patut kita kenang dan lestarikan hingga saat ini. Ini patut kita kisahkan kembali dengan cara kekinian. Harapan saya bisa membangkitkan kebanggaan masyarakat Bengkulu sebagai sebuah daerah dengan mempopulerkan seni, budaya dan alam Bengkulu sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia,” ungkap Riri.

Film yang diperankan oleh Putri Pariwisata Bengkulu 2016 Shella Dwi Novitasari ini diadaptasi dari novel karya Nurni Chaniago.

Melibatkan 13 orang pemain dan 26 orang kru, film ini mengisahkan tentang seorang pria asal Kota Aceh yang tengah berlibur seorang diri ke Kota Bengkulu, lalu bertemu dengan Gading, sosok wanita yang misterius. Dari pertemuan singkat inilah berbagai adegan yang seru dan menarik terjadi dalam film ini. [Muhammad Qolbi]