PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat Indonesia memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional. Peringatan ini bertepatan dengan Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyambut baik peringatan tersebut. Melalui peringatan tersebut, Rohidin menekankan pentingnya merawat lingkungan hidup dan fungsi pohon bagi kehidupan.

“Selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional tahun 2020 dan Gerakan Sejuta Pohon Sedunia. Mari kita jadikan lingkungan kita aman dan nyaman. Sehingga kita bisa produktif dalam berkarya membangun daerah kita,” ungkapnya saat dimintai komentar oleh awak media, Jum’at (10/01).

Lebih jauh, orang nomor satu di Bengkulu tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama merawat dan melestarikan alam sekitar. Dirinya menjelaskan pentingnya kehadiran pohon bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

“Hari ini kita menyaksikan fenomena banjir di beberapa daerah. Momentum ini menjadi refleksi betapa pentingnya pohon dan lingkungan hidup bagi kita,” imbuhnya.

Tahun ini, lanjut Rohidin menjadi tahun emas untuk mendukung visit 2020 Wonderful Bengkulu. “Mari sukseskan bersama dengan menciptakan lingkungan hidup yang sehat, bagi masyarakat dan wisatawan baik nasional maupun internasiona. Mari bersatu wujudkan Bengkulu maju,” pungkasnya.

Ditempat berbeda, Syamsul Hidayat (32) aktivis lingkungan di Bengkulu mengaku kagum atas kinerja Rohidin dalam bidang lingkungan. Menurutnya komitmen Rohidin pada sektor lingkungan jelas terlihat.

“Kerusakan lingkungan akibat tambang misalnya. Pak Rohidin tegas memberikan sanksi pada mereka yang melanggar. Selain itu komitmennya menjadikan DDTS sebagai destinasi wisata juga harus diapresiasi. Artinya beliau melestarikan fungsi danau tetapi juga memberikan niali lebih untuk meningkatkan ekonomi warga. Lanjutkan dua periode pak gub,” ungkapnya.