PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Upaya penyelesaian masalah Pasar Panorama termasuk penataan pedagang di dalamnya sudah dilakukan semaksimal mungkin oleh Pemerintah Kota Bengkulu secara humanis dan persuasif. Kini Pemkot Bengkulu ingin menggeber percepatan penataan pasar tersebut.

Senin (27/1/20) Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi kembali menggelar rapat bersama Kepala OPD terakit yang terlibat dalam penataan pasar Panorama seperti Disperindag, Dinas PUPR, PBK, Dishub, DLH bahkan BazNaz ikut andil membantu Pemkot Bengkulu.

Hasil rapat, disepakati bahwa Jumat depan penataan pasar Panorama sudah clear atau selesai sehingga hari Jumat itu ASN digerakkan untuk membantu perpindahan para pedagang. Oleh karena itu, Kamis tim yang dibentuk akan turun lagi ke pasar.

“Kerjakan sesuai tugas masing- masing. Biasakan kerja itu pakai target, karena kalau tidak, pasti akan molor dan molor. Tolong kita semua ambil bagian masing-masing. Data betul karena ini sudah hampir dua bulan. Per Kamis depan pedagang sudah tahu los-losnya masing-asing dan Jumat ASN akan membantu kepindahan pedagang,” tegas Dedy.

Kalau ada kendala di lapangan, Dedy minta segera dilaporkan. Ia tidak ingin sampai banyak kendala ini dan itu di lapangan yang tidak bisa terselesaikan. Termasuk kalau ada laporan tindakan premanisme, pungli dan semacamnya segera dilaporkan.

“Laporkan preman-preman dan pungli. Ini harus cepat karena ini salah satu program unggulan kita, kita komitmen betul dan konsisten dengan apa yang sudah kita putuskan bersama. Misalnya ada satu yang tidak suka, tidak apa-apa karena ada ribuan yang suka dan mendukung. Pokoknya Kamis dan Jumat kita dokumentasikan dan kita bikin sejarah bahwa pasar Panorama kita rapikan,” ujar Dedy.

Ia juga mengajak ASN mulai belanja bersama-sama pada hari Jumat depan nanti. Ia mengajak seluruh OPD terkait bersemangat untuk membuktikan kepada walikota bahwa mereka bisa menyenangkan pimpinan bukan dengan menjilat tapi dengan bekerja dan berkarya.

Dalam rapat itu Dedy juga minta laporan progress dari masing-masing OPD. Pihak Dinas PUPR menyampaikan bahwa saat ini saluran di pasar Panorama selesai dan besok (Selasa) dilakukan pengecoran. Pihaknya butuh koordinasi di lapangan dengan Diperindag untuk mengecor. “Jumat Insya Allah pedagang sudah masuk semua. Kipas dan lampu jalan sudah oke dan berfungsi,” ujar Kadis PUPR Noprisman.

Sedangkan Kadis Lingkungan Hidup, Syarnubi mengatakan hari Kamis pukul 08.00 WIB pihaknya akan membantu penataan, PBK melakukan pembersihan pada hari Kamis malam Jumat.

Bahkan Baznas juga akan hadir membantu penataan pasar. Baznas akan hadir untuk pedagang yang ingin menyisihkan keuntungan hariannya dari berdagang, [Soprian/Rilis]