PedomanBengkulu.com,Bengkulu — Kinerja Kepolisian Resort (Polres) Bengkulu dalam menekan angka tindak kejahatan di Kota Bengkulu patut diacungi jempol. Pasalnya, pada tahun 2019 kasus tindak pidana di Kota Bengkulu menurun.

Tentunya ini tak lepas dari kerja keras kepolisian yang gencar menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak, S.IK saat konferensi pers akhir tahun di Mapolres Bengkulu, Selasa (31/12/2019) mengatakan, penanganan perkara atau jumlah tindak pidana sampai dengan Desember 2019 sebanyak 1396 kasus sedangkan tahun 2018 sebanyak 1434 kasus.

Dari kasus yang ditangani terdapat lima kasus yang teratas baik 2018 maupun di tahun 2019 yaitu kasus pencurian dan pemberatan, kasus pencurian sepeda motor, kasus penganiayaan, kasus penggelapan dan kasus penipuan.

“Itu lima kasus yang menonjol mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2019 ini,” kata Pahala Simanjuntak.

Sementara, untuk perkara yang berhasil diselesaikan, pada 2019 mengalami peningkatan yaitu 940 kasus sedangkan 2018 lalu 917 kasus.

“Tindak pidana yang terjadi di 2019 ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Ini bisa terjadi tentunya kinerja dari rekan-rekan penyidik secara umum Polres Bengkulu dan jajaran,” kata Pahala Simanjuntak.

Melihat turunnya tindak kejahatan dan meningkatnya dalam menyelesaikan perkara, kinerja Polres Bengkulu mengalami perbaikan.

Pahala Simanjuntak berharap, kedepan di tahun 2020 Polres Bengkulu lebih maksimal dalam menyelesaikan perkara maupun dalam mengurangi tindak kejahatan di Kota Bengkulu.

“Secara umum kinerja Polres Bengkulu terjadi perbaikan, kedepan kita harapkan lebih baik lagi, kita maksimalkan dalam hal pengungkapan kasus-kasus yang terjadi,” ungkap Pahala Simanjuntak. [Anto]