Foto bersama para relawan, pihak sekolah dan siswa

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Mengawali tahun 2020 ini kegiatan Kelas Inspirasi hadir di berbagai daerah untuk berbagi mimpi kepada siswa di tingkat sekolah dasar. Pada tanggal 18 Januari 2020 kemarin, ada tiga daerah yang melaksanakan Kelas Inspirasi secara serentak, yaitu  Kabupaten Kerinci, Muna Barat dan Bengkulu Utara.

Dalam pelaksaannya di Bengkulu Utara, SD Negeri 107 Bengkulu Utara yang terletak di Desa Suka Makmur Kecamatan Giri Mulya terpilih menjadi tuan rumah. Delapan belas orang relawan diterjunkan ke sekolah ini.

Kepala Sekolah SD Negeri 107 Bengkulu Utara Sri Sutanto, mengatakan pihaknya mengucapkan selamat datang kepada relawan dan menyambut baik kegiatan Kelas Inspirasi Bengkulu Utara.

“Selamat datang di sekolah kami, pihak sekolah tentu sangat mendukung kegiatan ini, apalagi kegiatan ini membawa harapan dan manfaat yang besar bagi siswa kami,” kata Sri Sutanto saat memberikan sambutan, Sabtu (18/1/2020).

Adapun delapan belas orang relawan yang hadir di SD Negeri 107 Bengkulu Utara berasal dari berbagai latar belakang dan profesi. Diantaranya adalah dosen, pegawai, guru dan mahasiswa.

“Terima kasih kepada seluruh relawan, yang telah meluangkan waktu di sela-sela kesibukan kerjanya untuk hadir menginspirasi anak didik kami. Semoga dengan hadirnya relawan inspirator di kelas, nantinya siswa kami memiliki semangat yang tinggi untuk menggapai cita-cita mereka,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Koordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Giri Mulya dan Padang Jaya yang diwakili oleh Sumadi selaku Pengawas. Dalam penyampaiannya ia berharap Kelas Inspirasi selanjutnya dapat terus menginspirasi di sekolah-sekolah yang tersebar di Bengkulu Utara.

“Ini adalah pertama kali Kecataman Giri Mulya menjadi tuan rumah Kelas Inspirasi. Dengan adanya kegiatan ini kami berharap kedepannya bisa lebih menggandeng instansi di lingkungan pemerintah dan menjadikan kecamatan Giri Mulya atau Padang Jaya menjadi tuan rumah di Kelas Inspirasi Bengkulu Utara selanjutnya,” pungkas Sumardi.

Penyerahan kenang-kenangan berupa bibit tanaman kepada pihak sekolah oleh Nurul Hidayah (Ketua Panitia) kepada Sri Sutanto (Kepala Sekolah)

Dilain sisi, Ketua Panitia Nurul Hidayah menjelaskan, terselenggaranya Kelas Inspirasi Bengkulu Utara ke enam ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak.

Alhamdulillah, kegiatan Kelas Inspirasi tahun ini berlangsung meriah. Terima kasih kepada pihak sekolah, masyarakat Desa Suka Makmur, Koordinator Wilayah Giri Mulya dan Padang Jaya, para relawan, dinas terkait dan juga donatur yang telah mendukung kegiatan kami. Semoga Kelas Inspirasi Bengkulu Utara selanjutnya juga dapat didukung seperti ini dan lebih baik lagi,” ujar Nurul.

Untuk diketahui, tercatat sudah ada 121 kota/kabupaten di Indonesia yang telah menyelenggarakan Kelas Inspirasi. Kegiatan ini melibatkan 6420 relawan inspirator, 2150 relawan dokumentator dan 3249 relawan panitia lokal di seluruh Indonesia. Sedangkan di Bengkulu Utara sudah berlangsung enam kali selama empat tahun ini.[Deni Dwi Cahya]