PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Bunga Titan Arum dengan nama lain Amorphophallus Titanum atau biasa disebut juga Bunga Kibut atau Bunga Bangkai tumbuh di hutan Bouvenlais Palak Siring Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara.

Ketua Komunitas Pedulu Puspa Langka Bengkulu Utara, Septian Riki mengatakan, bunga tersebut ditemukan warga sejak hari Rabu (15/1/2020).

“Bunga tersebut ditemukan warga Rabu kemaren,” ungkap Riki, Jumat (17/1/2020).

Tambahnya, dari penemuan bunga rafflesia ini belum ada respon dari pemerintah dan diperkirakan bunga tersebut akan mekar sempurna tiga hari lagi.

“Bunga tersebut akan mekar sempurna sekitar tiga hari lagi,” jelasnya.

Untuk melihat langsung bunga bangkai atau bunga kibut, dibutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari Provinsi Bengkulu menuju Kota Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk sampai di lokasi dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari pusat kota menuju Palak Siring Kemumu.

Sementara itu mekarnya bunga ini membuat warga sekitar datang untuk melihat langsung, ataupun memotret bunga kibut. Wisatawan yang datang tidak hanya dari Kabupaten Bengkulu Utara saja tetapi juga datang wisatawan dari Kabupaten lain. [ Sugeng]