Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu Sorjum Ahyan.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Masyarakat Provinsi Bengkulu wajib bersyukur, hal ini dikarenakan telah ditemukannya dua spesies Rafflesia Arnoldi berjenis baru dan akan diberikan sertifikat Hak Paten (HKI) pada Oktober 2020 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu Sorjum Ahyan mengatakan, akan segera melakukan pendaftaran varietas Bunga Rafflesia tentang kepemilikan atau asal dari spesies Rafflesia dari wilayah Provinsi Bengkulu ini bersifat alami.

“Dua Rafflesia tersebut kita daftarkan untuk mendapatkan pengakuan sah secara hukum, sehingga nantinya diakuinya asal bunga tersebut berasal dari Bengkulu, harapannya nanti daerah lain tidak akan mengklaim,” kata Sorjum, Selasa (14/01/2020).

Untuk mempertahankan kekayaan alam Provinsi Bengkulu maka melalui pengukuhan HKI pada dua spesies asli Rafflesia ini adalah tindakan yang tepat dilakukan pemerintah.

Disisi lain, Kepala Seksi Penyuluhan, Goulten Ernedi mengatakan, pemberian HKI akan dilaksanakan serentak dengan seminar internasional saat digelarnya Wonderful Bengkulu 2020 nanti. Tepatnya bulan Oktober, dua jenis Rafflesia itu segera menjadi hak milik Provinsi Bengkulu.

“Kita mengetahui bahwa di daerah lain juga ada yang tumbuh bunga Rafflesia, nah, tepat dengan pelaksanaan wonderful Bengkulu 2020 nanti akan kita patenkan dua jenis Rafflesia yang benar-benar hanya ada dan tumbuh di Bengkulu saja,” sampai Goulten Ernedi.

Lanjutnya, untuk sementara menjelang waktu persiapan yang cukup lama ini, maka dua spesies dari Rafflesiaceae ini akan dirahasiakan dahulu agar proses pelaksanaan HKI nantinya dapat berjalan dengan lancar.

“Sementara ini, kami tidak bisa memberikan nama untuk spesiesnya, sekarang masih kita urus dokumennya ke Kementerian untuk syarat pengeluaran sertifikat HKI,” jelas Goulten. [Mario]