Ketua KPU RL Restu Wibowo

Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten RL mulai menyiapkan setiap tahapan Pilkada. Hingga Senin (6/1) menurut Ketua KPU RL, Restu Satrio Wibowo, baru ada satu pasangan bakal calon perseorangan atau independen yang menyerahkan penghubungan atau LO ke KPU.

“Kita baru menerima berkas mandat LO pasangan calon independen pasangan Syamsul Efendi – Hendra Wahyudiansyah. Kalau ingin mendapatkan password dan username atau akses resmi ke Silon harus menyampaikan mandat. Karena sifatnya help desk. Mandat LO pasangan Syamsul – Hendra yang sudah diserahkan kesini atas nama Sintara Putri Umaro dan Edo Dioba Saputra,” ungkap Restu, Senin (6/1).

Untuk maju di Pilkada RL melalui jalur perseorangan, pasangan calon harus didukung oleh 20.334 dukungan berupa foto kopi KTP dan surat dukungan sesuai format yang disediakan KPU. Menurutnya penyerahan dukungan itu dimulai tanggal 19 Februari sampai 23 Februari 2020 mendatang. Pada hari terakhir penerimaan berkas dukungan akan ditunggu sampai pukul 24.00 WIB.

Kemudian tahapan selanjutnya yakni pengecekan jumlah dukungan dan sebaran mulai tanggal 19 Februari hingga 26 Februari 2020. Lalu dilanjutkan dengan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan mulai tanggal 24 Februari hingga tanggal 25 Maret 2020.

“Sebaran dukungan itu harus tersebar di 8 kecamatan dari 15 kecamatan di RL atau lebih dari 50 persen jumlah kecamatan,” pungkasnya. [Julkifli Sembiring]