PedomanBengkulu.com, Lebong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong secara resmi mengumumkan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk bertugas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, yang akan digelar 23 September 2020 mendatang. Perekrutan calon PPK ini berdasarkan pengumuman KPU Lebong nomor 23/PP.04-2-Pu/1707/KPU-kab/2020 tentang seleksi calon anggota panitia pemilihan kecamatan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dan Pemilihan Bupati dan Wakil Lebong tahun 2020. Pengumuman pendaftaran anggota PPK tersebut sesuai tahapan pengumuman dilakukan selama tiga hari, mulai dari tanggal 15 hingga 17 Januari 2020.

Ketua KPU Lebong, Shalahuddin Al Khidhr mengatakan, terhitung 15 hingga sampai 17 Januari 2020, pihaknya mengumumkan secara terbuka tahapan rekrutmen PKK. Kemudian dari tanggal 18 sampai 24 Januari 2020 masuk tahapan penerimaan berkas pendaftaran.

“Untuk kebutuhan anggota PPK secara keseluruhan sebanyak 60 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Lebong. Adapun waktu kerja PPK yaitu selama 9 bulan terhitung Maret hingga November 2020,” ungkap pria yang akrab disapa Khidhr kepada PedomanBengkulu.com, Rabu (15/1/2020) dinihari.

Dikatakan Khidhr, ada sebanyak 13 persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar calon anggota PPK, dan hal itu disosialisasikan lewat pengumuman KPU Lebong baik di media massa dan elektronik, serta pengumuman di beberapa lokasi strategis lainnya. dengan tujuannya pengumuman ini agar tepat sasaran dan diketahui masyarakat luas.

“Berdasarkan pasal 72 Undang Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, lanjut Khidhr, pelamar adalah WNI, berusia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil,” ungkapnya.

Perlu ditekankan juga, lanjut Khidhr, pelamar bukan anggota atau pengurus Parpol, berdomisili dalam wilayah kerja PPK, mampu secara jasmani dan rohani, bebas dari penyalahgunaan narkotika, pendidikan minimal SLTA dan tidak pernah dipidana penjara lebih dari lima tahun.

“Selama calon PPK itu adalah WNI, dan masuk kedalam 13 persyaratan yang ditentukan peraturan, silakan mendaftar dan melengkapi berkas lamarannya sesuai yang diumumkan,” singkatnya.[Supriyadi]

Berikut Pengumuman KPU Lebong :