Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong mulai melakukan perekrutan calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-kabupaten Rejang Lebong.

Diungkapkan Ketua KPU Rejang Lebong Restu Wibowo anggota PPK yang direkrut sebanyak 75 orang untuk 15 kecamatan yakni masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang.

“Untuk pendaftar di masing-masing kecamatan minimal 10 orang dan nantinya akan diseleksi menjadi 5 orang,” kata Restu, Rabu (15/01).

Disampaikan Restu untuk proses pendaftaran calon anggota PPK dimulai tanggal 18 sampai 24 Januari 2020. Selanjutnya penelitian administrasi pendaftaran calon Anggota PPK 25 sampai 27 Januari 2020. Dilanjutkan pengumuman lulus administrasi calon anggota PPK 28 sampai 29 Januari 2020.

Untuk seleksi tertulis calon anggota PPK dilaksanakan 30 Januari 2020. Pemeriksaan hasil tes tertulis calon anggota PPK 31 Januari sampai 2 Februari 2020. Pengumuman hasil tes tertulis calon anggota PPK 3 sampai 5 Februari 2020.

Tanggapan masyarakat tahap I pada 28 Januari sampai 5 Februari 2020. Tes Wawancara calon Anggota PPK dari tanggal 8 sampai 10 Februari 2020. Pengumuman hasil seleksi wawancara (10 besar) 15 sampai 21 Februari 2020. Tanggapan masyarakat tahap II pada 15 sampai 21 Februari 2020.

Klarifikasi Tanggapan Masyarakat Tahap II 22 s/d 25 Februari 2020. Pengumuman pasca hasil klarifikasi tanggapan masyarakat Tahap II dari tanggal 26 sampai 28 Februari 2020. Pelantikan calon anggota PPK terpilih 29 Februari 2020.

“Setelah anggota PPK ini terpilih maka akan diberikan orientasi tugas yakni pada tanggal 29 Februari 2020 s/d 1 Maret 2020. Untuk masa kerja PPK ini terhitung dari tanggal 1 Maret sampai dengan 30 November 2020.” kata Restu.

Dilanjutkan Restu, dalam rangka seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, KPU Rejang Lebong mengundang Warga Negara Indonesia yang memenuhi kualifikasi untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan.

Berikut persyaratan sebagai anggota PPK yakni:

– Warga Negara Indonesia, berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun,

– Setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945,

– Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.

– Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat peryataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam
jangka waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari
pengurus partai politik yang bersangkutan.

– Berdomisili dalam wilayah kerja PPK yang bersangkutan. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalagunaan narkotika.

– Berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena
melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

– Tidak pernah dijatuhi sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan
Penyelenggara Pemilu.

“Calon anggota PPK Belum pernah menjabat 2 (dua) kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK. Penghitungan jabatan Anggota PPK dalam jabatan yang sama yaitu telah menjabat 2 (Dua) kali periode berturut-turut Sebagai anggota PPK dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil
Wali Kota dengan periodisasi sebagai berikut;

Periode pertama dimulai pada tahun 2004 hingga tahun 2008, Periode kedua dimulai pada tahun 2009 hingga tahun 2013; dan Periode ketiga dimulai pada tahun 2014 hingga 2018.Periode keempat dimulai pada tahun 2019 hingga 2023,” ujar Restu.

Restu juga menyampaikan bahwa calon anggota PPK Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu.Tidak menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau Pemilihan yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang sah atau paling singkat 5 (Lima) tahun tidak lagi menjadi tim kampanye peserta Pemilu dan/atau Pemilihan yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang sah.

Dokumen yang harus dilengkapi calon peserta seleksi PPK pada saat mendaftar yakni;

1. Fotokopi Kartu tanda penduduk Elektronik (E-KTP), Surat Pernyataan Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945,

2. Surat Pernyataan mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil,

3. Surat peryataan tidak menjadi anggota partai politik, atau paling singkat 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan.

4. Surat keterangan kesehatan dari puskesmas atau Rumah sakit yang di tunjuk.

5. Surat Pernyataan bebas dari penyalahgunaan narkoba, dan fotokopi ijazah Sekolah Menengah Atas/sederajat atau ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.

6. Surat Pernyataan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih, Surat Pernyataan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan apabila pernah menjadi anggota PPK, PPS, dan KPPS pada Pemilu atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Surat Pernyataan belum pernah menjabat 2 (dua) periode dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK, Surat Pernyataan tidak berada dalam ikatan perkawinan, Surat Pernyataan tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu pasangan calon dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan Pemilihan Umum.

7. Pas photo warna terbaru 3 x 4 sebanyak 3 (Tiga) lembar, Surat keterangan domisili dari RT/RW atau sebutan lain bagi calon yang alamat domisilinya berbeda dengan alamat yang tertera dalam fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Dibuat masing-masing 2 (Dua) rangkap terdiri 1(satu) rangkap asli dan 1 (Satu) rangkap fotokopi dengan
menggunakan map kertas lobang.

“Formulir pendaftaran calon anggota PPK dapat diambil langsung di sekretariat KPU Kabupaten Rejang Lebong, kantor camat atau dapat diunduh melalui website KPU RL : www.kpu-rejanglebongkab.go.id atau
https://www.facebook.com/kpu.rejanglebong. Pengembalian formulir calon anggota PPK dapat diserahkan langsung ke kantor Sekretariat KPU Kabupaten Rejang
Lebong pada jam kerja (08.00-16.00). Pengumuman dapat dilihat di kantor camat Se-Kabupaten Rejang Lebong. Pendaftaran dan hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan langsung kepada sekretariat KPU Kab. Rejang Lebong ,” tutup Restu. [Julkifli Sembiring]