Gubernur Bengkulu bersama Megewati Soekarno Putri sedang melangsungkan rapat persiapan peresmian Patung Fatmawati di Ruang Raflesia Kantor Gubernur, Kamis (16/1/2020) sore.

Pedomanbengkulu.com, Bengkulu – Peresmian patung Fatmawati rencananya akan dihadiri mantan Presiden RI ke lima Megawati Soekarno Putri, yang merupakan anak Kandung dari ibu negara pertama, Fatmawati.

Fatmawati merupakan penjahit bendera pusaka sangsaka merah putih Republik Indonesia. Dan, peresmian Patung Fatmawati rencana akan bertepatan dengan hari ulang tahunnya, yakni tanggal 5 Februari 2020.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengaku bahwa dirinya sudah berkoordinasi langsung dengan Megawati, yang juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Ibu Megawati bersama dengan keluarga akan dipastikan akan hadir dan paling pokok mengenai peresmian Monumen Jo,” jelas Rohidin, Kamis (16/1/2020) Sore, di Ruang Raflesia Kantor Gubernur.

Lanjutnya, saat rapat Ketua Umum PDI Perjuangan akan mengajak Presiden Jokowi untuk menghadiri momentum bersejarah di Bengkulu nantinya. Diketahui, Patung Fatmawati merupakan karya seniman Bali Nyoman Nuar yang dibiayai oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN)sebesar Rp5 miliar.

“Saya sudah kordinasi dengan Ibu Megawati Soekarno Putri, perkara Presiden Jokowi akan datang akan dikonfirmasikan langsung oleh Ibu Megawati Soekarno Putri,” kata Rohidin.

Selain itu, rencananya kedatangan Presiden Jokowi nantinya akan langsung melakukan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara Bengkulu dengan kapasitas 2×100 Megawatt.

“Akan kita persiapkan betul susunan acaranya nanti sehingga ini jadi momentum presiden dalam melaksanakan peresmian beberapa acara di Bengkulu,” sampai Rohidin.

Dihadiri konsorsium Fatmawati beserta Tim persiapan kunjungan kerja, Rohidin turut memaparkan beberapa usulan random kunjungan presiden yakni Persiapan Pembangunan Jalan Tol Bengkulu – Palembang, Peresmian Monumen Fatmawati, Rapat Kerja Nasional Majelis Pendidikan Kader Muhammadiyah dan Peresmian IAIN Bengkulu jadi UIN Fatmawati. [Mario]