Parpol belum tentukan Calon yang disusung pada Pilkada Rejang Lebong

PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Meski gaung pilkada sudah kencang terdengar dan kandidat juga terlah bermunculan dan mendaftar ke partai politik, namun hingga kini belum ada satu pun partai yang memiliki kursi di DPRD Rejang Lebong secara resmi mengusung nama kandidat sebagai calon Bupati maupun Wakil Bupati pada Pilkada Rejang Lebong tahun 2020. Tahapan penjaringan oleh 10 Partai politik di Rejang Lebong yang memiliki hak untuk mengusung calon telah dilakukan sejak akhir Tahun 2019 yang lalu.

Seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rejang Lebong yang telah membuka proses penjaringan sejak 15 Oktober 2019 lalu, dimana saat ini proses penyeleksian nama yang bakal direkomendasikan masih berjalan.

“Sampai saat ini prosesnya masih berlangsung ditingkat daerah, rekomendasi yang akan kita sampaikan ke DPW belum kita buat, karena ada hal-hal yang kita kita sampaikan rekomendasikan itu akan dikembalikan ke kita,” kata Ketua Tim Penjaringan Balon Kada DPD PKS Rejang Lebong, Ahmat Heriyanto, Kamis (9/1/2020).

Hal-hal yang belum dinyatakan selesai untuk membuat rekomendasi ketingkat atas tersebut dibeberkan Ahmad yang juga Ketua DPD PKS Rejang Lebong ini, diantaranya terkait pasangan balon itu sendiri, kemudian partai pengusung balon tersebut, mengingat sejumlah nama yang medaftarkan diri di PKS juga mendaftar di partai lainnya.

Penting menurutnya untuk mendalami dan memutuskan nama calon yang akan disung bersama partai lainnya karena diakuinya DPD PKS sendiri harus berkoalisi dengan partai lainnya, mengingat DPD PKS Rejang Lebong tidak bisa mengusung calon sendiri mengingat pada Pileg 2019 kemarin, DPD PKS hanya meraih dua kursi.

“Kami sudah sampaikan ke beberapa pasangan, kita ingin akhir Januari ini semuanya selesai, kalau kita di PKS ini sebenarnya satu pintu, artinya selesai di DPD maka selesai pula di DPP,” kata Ahmad.

Hal yang sama juga terjadi di Partai Hanura, Ketua tim penjaringan tersebut, Darhasan SH menyampaikan pihaknya masih melaksankan tahapan untuk penentuan nama calon yang akan diusung. Tahapan yang terbaru dilakukan pihaknya yakni melakukan pendalaman Visi misi calon Bupati.

“Kita masih melakukan tahapan, jadi sejauh ini belum ada nama yang pasti kita usung. Untuk tahapanya saat ini setelah pendalamam visi misi kemarin, tim lagi menggodok hasilnya, nantinya akan kita sampaikan ke DPD, selanjutnya baru disampaikan ke DPP, yang kita sampaikan ke DPP ini minimal 3 pasangan calon nanti baru DPP lah yang mengeluarkan rekomendasi. Perkiraan kita tahapan ini baru selesai pada Bulan Febuari,” ujar Darhasan. [Julkifli Sembiring]