Seleksi calon anggota PPK di KPU Daerah Kaur pada Jumat (24/1/2020).

PedomanBengkulu.com, Kaur – Sesuai dengan jadwal tahapan KPU Daerah Kaur pada Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 16.00 WIB resmi menutup seleksi calon anggota PPK.

Dan sejak dibuka pada 18-24 Januari jumlah pendaftar yang menyerahkan berkas sebanyak 255 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah Jabupaten Kaur Mexxy Rismanto melalui anggotanya Irpanadi mengatakan tidak akan melakukan perpanjangan pendaftaran.

Sebab, kata dia, jumlah pendaftar di setiap kecamatan sudah memenuhi syarat dua kali kebutuhan.

“Dari pendaftar di setiap kecamatan di 15 kecamatan paling sedikit pendaftar 11 orang dan terbanyak 38 karena jumlah pendaftar di setiap kecamatan sudah memenuhi kuota orang. Sehingga kita akan melalukan proses tahapan lebih lanjut,” terang Irpanadi.

Irpanadi, lebih lanjut menjelaskan setelah pendaftaran maka akan dilakukan proses seleksi administrasi yang akan dimulai tanggal 25-27 Januari. Hasilnya akan diumumkan di 28 Januari. Bagi yang lulus administrasi maka akan berkesempatan untuk tes tertulis. Kemudian tes wawancara.

“Dalam seleksi administrasi tim panitia akan memperhatikan terkait jika ada peserta yang menjadi anggota parpol. Termsuk yang berhenti belum lima tahun dan ada di sistem parpol. Serta juga jika ada peserta yang pernah disanksi DKPP dan KPU serta Bawaslu. Termasuk yang pernah jadi tim kampanye peserta pemilu dan pemilihan. Begitu juga yang sudah lebih dua periode,” ungkapnya menambahkan.

Selama proses seleksi KPUD Kaur akan terus melibatkan Bawaslu dan Panwas kecamatan untuk melakukan pengawasan. Sehingga dapat menghasilkan PPK yang berkualitas dan berintegritas.

“PPK nantinya tentu akan dipilih yang memang memiliki kemampuan kepemiluan. Berintegritas serta memahami IT. Untuk itu kita mengimbau agar peserta yang lulus administrasi nantinya dapat belajar tentang kepemiluan dan ilmu pengetahuan umum lainnya,” demikian Irpanadi. [Sirat]