PedomanBengkulu.com, Rejang Lebong – Tidak henti-hentinya dalam berinovasi. Mungkin sebuah kalimat yang tepat untuk dialamatkan kepada BPJS Kesehatan.

Memasuki tahun ketujuh, BPJS Kesehatan tetap senantiasa memberikan kemudahan kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam hal akses pelayanan kepada pesertanya. Tidak hanya pelayanan yang dilaksanakan di Kantor BPJS Kesehatan, tetapi juga dalam hal pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Jika sebelumnya BPJS Kesehatan menyelenggarakan Program BPJS SATU (Siap Membantu) juga PRAKTIS (Perubahan Kelas Tidak Sulit), maka kali ini BPJS Kesehatan meluncurkan Pendaftaran Pelayanan Online baik di FKTP maupun FKRTL yang sebelumnya sudah dipilih oleh peserta yang tersedia pada aplikasi Mobile JKN.

“Sebuah terobosan baru lagi oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Kita perkenalkan Pelayanan Pendaftaran Online yang bisa diakses melalui Mobile JKN. Sebuah sistem yang dirancang untuk memudahkan peserta mengambil nomor antrian ketika hendak mengakses pelayanan kesehatan di FKTP yang mereka pilih,” ujar Syafrudin Imam Negara selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Senin (14/1).

Dengan adanya fitur baru ini, peserta banyak mendapatkan kemudahan. Diantaranya peserta tidak harus mengambil nomor antrian di loket antrian untuk kemudian menunggu di ruang tunggu dalam waktu yang lama. Melalui Pelayanan Pendaftaran Online ini peserta bisa mengambil nomor antrian bahkan beberapa hari sebelumnya sehingga akan ada kepastian kapan peserta tersebut akan dilayani di Fasilitas Kesehatan.

“Jadi sekarang lebih sederhana. Ambil nomor antrian dulu baru berangkat ke FKTP atau FKRTL, jadi tidak ada waktu yang terbuang sia-sia untuk menunggu antrian. Kita bisa dengan mudah memperkirakan waktu yang akan kita gunakan,” ujarnya.

Yuniarti Emilia selaku Kepala Puskesmas Perumnas Curup juga mengemukakan rasa kagumnya akan terobosan baru ini.

“Terobosan yang sangat baik menurut saya. Jadi pasien kita bisa mengambil antrian dulu baru datang ke Puskesmas Perumnas untuk dilayani. Untuk pasiennya tentu saja lebih efisien waktunya. Nggak perlu menunggu lama-lama lagi di ruang tunggu. Untuk kita juga sangat bermanfaat ya, kita bisa tahu berapa banyak pasien lagi yang akan kita layani. Jadi nggak ada lagi kejadian keluarga ambil nomor antrian dulu ke puskesmas, lalu balik ke rumah lagi untuk membawa pasien yang sakit. Waktunya lebih efisien. Alhamdulillah,” tutupnya. [Nurhas/Rls]