Pedomanbengkulu.com, Seluma – Server data untuk pelayanan publik yang terdapat di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Seluma, dipindahkan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Seluma. Pemindahan ini berdasarkan peraturan Bupati Seluma nomor 33 tahun 2019 tentang manajemen pengamanan informasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Adapun server yang dipindahkan dan sedang dalam proses pelaksanaan diantaranya dalah server milik Bappeda, Dinas PPTPMPTSP, BPKAD, dan LPSE. Pemindahan ini dilakukan untuk menjadikan server data pelayanan publik menjadi terpusat dan terintegrasi. Dengan begitu Dinas Kominfo menjadi pengelola infrastruktur jaringan, namun admin server tetap dilakukan OPD pemilik server.

“Kami ditahun 2020 ini telah menyiapkan ruang khusus server dengan fasilitas pendingin ruangan dan listrik, sudah siap kami dinas Kominfo mengintegrasikan seluruh server pelayanan publik yang dilaksanakan seluruh OPD di Pemkab Seluma” jelas Kadis Kominfo Kabupaten Seluma, Hendarsyah, Rabu (22/01/2020).

Ditambahkan Hendarsyah, pihaknya akan berkordinasi dengan OPD lainnya, untuk mengintegrasikan server pelayanan publik ke Dinas Kominfo.

“Untuk awal Januari 2020 ini, yang sudah mengintegrasikan servernya yaitu Bappeda dan LPSE sedang proses. Kemudian kami juga mengharapkan untuk OPD yang lain, untuk segera menyerahkan dan menaruh servernya di Dinas Kominfo dalam rangka pengaman informasi baik fisik maupun data yang ada di server tersebut” tambahnya.

Adapun dari pantauan di ruang server Diskominfo Seluma, petugas terus memantau dan melakukan pengecekan terhadap server. Data dan peralatan yang terdapat di Server terpusat dalam kondisi aman dan terjaga, karena mendapat listrik dan pendingin ruangan selama 24 jam. [IT2006]