PedomanBengkulu.com, Seluma – Pemangkasan tenaga honorer perhubungan di dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Seluma, akhirnya dilakukan per Januari 2020. Kini jumlah petugas perhubungan hanya menyisakan 11 orang saja, dari semula berjumlah 48 orang.

Pengurangan tenaga honorer (kontrak) ini terpaksa dilakukan, karena tidak adanya anggaran untuk membayar gaji. Ini merupakan dampak dari defisit anggaran yang dialami Pemkab Seluma, yang tahun ini akan fokus untuk membiayai Pemilihan Kepala Daerah.

“Inikan sudah sepakat bahwa tahun 2020, ada rasionalisasi untuk tenaga honorer, (maka) kami ikuti, karena penyebabnya ada keterbatasan anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020” jelas kepala Dinas Perkim Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, Minggu (20/1/2020).

Erlan menyatakan, berkurangnya tenaga honorer sangat berpengaruh dengan kegiatan rutin yang dilakukan Bidang Perhubungan, yakni saat melakukan pengamanan dan pengaturan lalulintas di jalan raya.

“Dulu (sebelum rasionalisasi) untuk membantu pengamanan dan pengaturan lalu lintas titiknya banyak, ada di Dermayu Cahaya Negeri, Sukaraja, Rumah Sakit, sekolah-sekolah. Sekarang praktis hanya tinggal tiga titik, yaitu di simpang enam, simpang pemda, satu lagi mungkin di depan kantor camat seluma” jelas Erlan.

Kendati demikian Erlan memastikan, bidang Perhubungan akan tetap berusaha untuk menjalankan tugas secara maksimal, meski saat ini kekurangan tenaga. [IT2006]