PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Berdasarkan hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Pangsa ekspor utama Provinsi Bengkulu ke negara tetangga sejak November 2019 terhitung telah mencapai 14.89 juta dolar.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugerah mengatakan, dari data yang sudah tercatat di BPS Provinsi Bengkulu, ada 3 negara tetangga yang menjadi pengekspor tertinggi yakni India, Jepang, dan Philipina.

“Ketiga negara tersebut menyumbang nilai ekspor dengan total 9.19 juta dolar. 5.79 dolar disumbangkan oleh kawasan ASEAN lainnya, Uni Eropa dan negara lainnya,” papar Dyah melalui rilis akhir tahun, Kamis (02/02/2020), di Kantor BPS Bengkulu.

BPS Provinsi Bengkulu mencatat hingga 2019, hasil ekspor terbesar dari Provinsi Bengkulu saat ini masih didominasi oleh Batubara, karet, CPO dan cangkang sawit.

Dijelaskannya, India menyumbang nilai terbesar dengan nilai ekspor 4.37 juta dolar menyuplai komoditas ekspor diantaranya Batubara, Karet, dan lainnya. Disusul Jepang dengan nilai ekspor 2.90 juta dolar menyuplai komoditas batubara, cangkang sawit, karet dan paket pos.

Kemudian Philipina dengan nilai ekspor 1.92 juta dolar yang menyuplai komoditas batubara dan paket pos.

“Sisa nilai ekspor pada kawasan ASEAN dengan nilai pendapatan 4.80 juta dolar dan Uni Eropa 0.74 juta dolar,” pungkas Dyah. [Mario]