Pedomanbengkulu.com, Seluma – Tunjangan tambahan penghasilan pegawai (TPP) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma dipastikan menurun besarannya dari tahun 2019 lalu. Penurunan ini karena anggaran untuk membayar TPP dari semula sebesar Rp. 60 miliar di tahun 2019, turun menjadi Rp. 30 miliar di tahun 2020.

Dijelaskan Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Seluma, Irihadi mengatakan, kurangnya anggaran TPP merupakan dampak dari defisit anggaran. Diketahui tahun 2020 ini APBD Kabupaten Seluma banyak terpakai untuk biaya penyelenggaran Pemlilihan Kepada Daerah (Pilkada).

“Sebenarnya kalau teknisnya berkurang ya berkurang, (alasannya karena) kemampuan keuangan. Kita kan 2020 punya beban berat, pelaksanaan Pilkada kita harus hibah ke KPU, Bawaslu dan lain sebainya. Jadi mau tidak mau harus berkurang, inilah PNS tidak bisa mempertahankan keinginan PNS, harus melihat kemampuan keuangan yang ada,” jelas Irihadi, Senin (6/1/2020).

Ditambahkan Irihadi, pihaknya akan segera melakukan rapat, untuk menentukan besaran tunjangan TPP yang akan diterima PNS tahun ini.

“Untuk rinciannya belum tahu, sampai hari ini belum (diputuskan),” tambah Irihadi.

Adapun besaran TPP tahun lalu yakni mulai dari Rp.800 ribu hingga Rp. 1,5 juta untuk pegawai biasa, hingga tertinggi sebesar Rp. 20 juta untuk Sekretaris Daerah. [IT2006]