Penandatanganan Naskah Hibah lahan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang sebelumnya sudah dimanfaatkan UNIB sebagai gedung perkuliahan Fakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Jalan Raden Patah, Pagar Dewa Kota Bengkulu, Selasa (7/1/2020).

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Lahan seluas lima hektar yang berlokasi di Jalan Raden Patah, Pagar Dewa Kota Bengkulu, yang sebelumnya sempat mengalami masalah dalam mendapatkan kepastian hukum ke Kejaksaan Tinggi Bengkulu sehingga meminta Jaksa Pengacara Negara memberikan legal opinion (LO) terhadap Universitas Bengkulu (UNIB) selaku lembaga pemerintah non komersil, kini telah menemukan titik terang.

Tepat hari ini Selasa (07/01/2020) pagi, hak guna pakai lahan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu yang sebelumnya sudah dimanfaatkan UNIB sebagai gedung perkuliahan Fakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, secara resmi menjadi hak milik Unib melalui penandatanganan Naskah Hibah.

Rektor UNIB Ridwan Nurazi mengatakan, selama kurang lebih 30 tahun, sertifikat lahan masih dipegang oleh pihak Pemprov Bengkulu, sehingga hal itu justru menghambat Unib untuk melakukan penataan asset dan mengembangkan sarana dan prasarana.

“Kita sangat bersyukur, lebih dari 30 tahun menunggu, akhirnya hari ini dengan bukti penandatanganan hibah lahan Pemprov, sebagai lembaga pendidikan tentunya kita bisa lebih leluasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri,” kata Guru Besar UNIB ini.

Ridwan menambahkan, dengan opsi hibah ke Unib, proses pemindahan asset tidak harus persetujuan DPRD, mengingat Unib sendiri adalah bagian dari pemerintah dan bukan lembaga komersil. Atas semua itu, saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemprov yang telah mempercayakan kami dalam pengembangan pendidikan di Provinsi ini.

“Alhamdulillah, kita sangat berterimakasih atas apresiasi pemerintah untuk mengembangkan pendidikan di Provinsi Bengkulu,” Pungkas Ridwan.

Penandatanganan surat itu, dilakukan oleh Staf Ahli Gubernur Bengkulu Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Sumarno, melalui pengesahan berita acara dan sertifikat yang ditandangani Pj Sekda Provinsi Hamka Sabri dengan nilai perolehan hibah lahan oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah sebesar Rp 1,35 miliar.

Dalam pelaksanaan penyerahan dan penandatanganan naskah hibah tersebut hadir dan disaksikan unsur-unsur kepemerintahan Provinsi Bengkulu serta jajaran Unib dan Mahasiswanya. [Mario]