Ilustrasi penipuan

PedomanBengkulu.com, Seluma – Pelaku penipuan melalui layanan pesan WhatsApp, kembali berulah. Kali ini pelaku yang belum diketahui identitasnya, mengaku sebagai kepala desa Riak Siabun I, Sabar Dwi Purnomo. Bahkan nomor whatsapp yang digunakan pelaku persis sama dengan nomor yang biasa digunakan kades, dan diduga telah dibajak.

Modusnya, pelaku menghubungi sejumlah relasi dari kades yang terdapat di kontak whatsapp, dan meminta meminjam uang. Pelaku juga meminta segera mentransfer uang dengan cepat pada Jum’at (7/2/2020) malam.

“Bisa pinjem duit gak mas soale ada dana kudu ditransfer saiki ke kabupaten. Kalau bisa bantu transfer dhisik mas insyallah besok tak ganti krn atm dipegang istri🙏🏻” ujar pelaku melalui pesan whatsapp.

Adapun orang yang dihubungi pelaku sudah lebih dari satu orang, mulai dari kepala desa di Seluma, hingga ke sejumlah wartawan.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (Apdesi) Bengkulu, Kirman Effendi membenarkan adanya kontak whatsapp milik Sabar Dwi Purnomo yang digunakan oknum pelaku penipuan.

“(WhatsApp) kades riak siabun Sabar Dwi Purnomo sedang dibajak. mohon berhati hati untuk kita semua. modus nya minta kirimi uang” jelas Kirman Effendi.

Hingga saat ini belum ada laporan korban yang telah mentransfer uang, kepada pelaku. [IT2006]