Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Hari pertama penyerahan berkas dukungan bagi paslon perseorangan untuk pilkada Rejang Lebong, Komisi Pemilihan Umum belum ada menerima pendaftaran. Diungkapkan Ketua KPU RL Restu Wibowo, penyerahan berkas dukungan calon perseorangan tersebut dibuka dari tanggal 19 samlai 23 Februari 2020.

“Hari ini (Rabu 19/2) merupakan hari pertama untuk penyerahan berkas dukungan bagi calon perseroangan. Hingga batas waktu jam kantor belum ada yang menyampaikan berkas dukungan,” kata Restu.

Ditambahkan Restu, untuk pasangan calon jalur perseorangan yang sebelumnya telah telah mengambil username dan password sistem informasi pencalonan pemilu (silon) yakni pasangan Syamsul Effendi- Hendra Wahyudiansyah.

“Penyampaian berkas dukungan perseroangan ini masih dibuka hingga tanggal 23/2. Nantinya kalau ada yang menyampaikan berkas dukungan maka harus melampirkan dokumen syarat dukungan dan dokumen yang dicetak dari aplikasi Silon. Selanjutnya kita akan melakukan penghitungan syarat dukungan yang disampaikan,” kata Restu.

Ditambahkan Restu bagi pasangan kandidat calon bupati dan wakil bupati yang ingin maju dalam pelaksanan Pilkada Rejang Lebong tahun 2020 melalui jalur Independen, wajib memenuhi syarat minimal 20.334 dukungan KTP. Selain itu, persebaran dukungan tersebut juga minimal mewakili 8 kecamatan yang ada di wilayah Rejang Lebong.

“Kita di Rejang Lebong ini kan ada 15 kecamatan, nah persebaran KTP dukungan calon independen ini minimal mewakili 8 kecamatan dan bisa lebih.Untuk jumlah dukungan per kecamatan sendiri tidak ditentukan, terpenting ada keterwakilan dukungan dari 8 kecamatan tersebut,” pungkas Restu.[Julkifli Sembiring]