Pedomanbengkulu.com, Seluma – Seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk wilayah kabupaten Seluma memasuki tahap akhir. Setelah melalukan tes wawancara, KPU kini telah mengantongi 10 besar nama calon PPK, untuk dipilih lagi 5 orang PPK terpilih.

KPU sudah membuka masa tanggapan masyarakat, terkait hasil seleksi PPK yang dilakukan selama satu minggu, dan tidak ada tanggapan. KPU membuka masa tanggapan masyarakat yang kedua, dan jika tidak ada tanggapan lagi maka pada 26 Februari 2020 PPK terpilih untuk 14 kecamatan di kabupaten Seluma akan diumumkan.

Kemudian pada 29 Februari 2020 PPK terpilih dari hasil seleksi akan dilantik oleh KPU. Mereka akan bertugas selama sembilan bulan, khususnya pada saat pemungutan suara Pilkada, 23 September 2020.

“Jika tidak ada tanggapan, maka tanggal 26 Februari akan kami umumkan PPK terpilih. Kemudian akan kami lantik tanggal 29 Februari, dan akan mulai bertugas pada 1 Maret 2020” jelas Komisioner KPU kabupaten Seluma, Edi Anzori (23/2/2020).

KPU juga kembali mengimbau agar masyarakat dapat memberikan tanggapan, terhadap nama nama calon PPK yang terpilih, jika terdapat calon yang terindikasi bermasalah dan tidak memenuhi syarat untuk dipilih menjadi PPK.

“Jika ada tanggapan dan terbukti calon anggota PPK yang bermasalah, maka akan kami coret” jelasnya.

Sementara itu KPU memastikan PPK yang terpilih nantinya akan berintegritas, dan netral pada saat Pilkada. KPU juga sudah melakukan antisipasi agar tidak ada lagi oknum PPK yang ‘main mata’ dengan salah satu calon, seperti yang terjadi pada saat Pileg 2019 lalu.[IT2006]