PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara — Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Bengkulu Utara mengkampanyekan program inovasi yaitu Polisi Berhati Nurani (Si Hira) melalui kegiatan Polisi Lalulintas (Polantas) Menyapa Masyarakat (Tamasya). Kali ini, Satlantas Polres Bengkulu Utara menyasar para pelajar dengan programnya Police Go To School yang dilaksanakan di SMPN 01 Bengkulu Utara, Senin (17/2/2020).

Kasat Lantas Polres Bengkulu Utara AKP Kadek Suwantoro, S.H., S.I.K mengatakan, kegiatan ini merupakan program kepolisian yang bertujuan positif guna mengantisipasi kenakalan remaja, khususnya kalangan pelajar. Selain itu juga sosialisasi seputar ketertiban atau aturan lalulintas. Kegiatan kali ini menurunkan dua orang personil Polantas yaitu Ipda Nofriyanti dan Briptu Sindi Nuroktavia.

Kadek menjelaskan, sosialisasi tak hanya ditujukan kepada pelajar, namun juga kepada para guru di sekolah tersebut. Kegiatan sosialisasi lalulintas tersebut sebagai upaya menekan terjadinya kecelakaan lalulintas dengan korban pelajar. Diharapkan sosialisasi ini membawa dampak nyata baik untuk pelajar maupun seluruh masyarakat sehingga hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya tidak terjadi.

“Diharapkan juga para pelajar dapat menjadi relawan dan pelopor keselamatan berlalulintas. Dengan cara mengajak pelajar lainnya untuk tertib berlalulintas. Maka diharapkan mereka dapat ikut andil menekan angka pelanggaran dan angka kecelakaan dalam berlalulintas. Kita juga menghimbau kepada para pelajar harus menanamkan sikap disiplin sejak dini agar sukses di masa depan,” kata Kadek.

Kadek menyampaikan, dalam hal ini, Satlantas Polres Bengkulu Utara juga meluncurkan nomor Call Center Siaga Lantas di nomor: 0853-7-800-800-7.

“Semoga Call Center tersebut bisa bermanfaat dalam memberikan bantuan dan pelayanan lalu lintas kepada para masyarakat pengguna jalan,” ucap Kadek.

Untuk diketahui, kegiatan Police Go To School di SMPN 01 Bengkulu Utara tersebut selain menyampaikan himbauan tertib berlalu lintas kepada pelajar, tetapi juga dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon rutin setiap Senin di sekolah oleh Polantas guna mendukung program peduli penghijauan sejak dini (Go Green School). [Anto]