PedomanBengkulu.com, Lebong – Bunga Titan Arum dengan nama lain Amorphophallus Titanum, biasa juga disebut Bunga Kibut. Bunga yang juga mengeluarkan bau bangkai yang menyengat, sehingga juga sering disebut bunga bangkai ini sedang tumbuh dan kini sedang mekar setinggi 2,5 meter, dikawasan Air Pinang Desa Ujung Tanjung III Kecamatan Lebong Sakti, Kabupaten Lebong. Menariknya, bongkol Bunga Kibut ini tumbuh dengan subur dibawah Pohon Durian yang sedang musim berbuah.

Bagi masyarakat yang ingin melihat langsung, bisa melalui jalan usaha tani (JUT) baik dari Desa Ujung Tanjung III maupun dari Desa Ujung Tanjung II menggunakan sepeda motor hingga diujung jalan JUT. Kemudian hanya 5 menit jalan kaki sudah sampai ke lokasi mekarnya Bunga Kibut.

Salah satu warga yang pemilik lahan dekat lokasi tumbuh Bunga Kibut, Ansori menyampaikan, bahwa bunga Kibut tersebut mulai kelihatan bongkolnya sekitar 5 hari lalu. Bahkan menurut Ansori, tanaman bunga raksana ini memang sudah sering tumbuh di seputaran lahan miliknya.

“Kalau yang ini (Bunga Kibut,red) sekitar seminggu lalu muncul dan sekarang sudah mulai mekar,” sampai Ansori kepada PedomanBengkulu.com, Minggu (9/2/2020) siang.

Sementara, Ujang Said yang juga kebetulan bersama PedomanBengkulu.com melihat langsung Bunga Kibut menyebutkan, kalau dirinya sendiri selama ini belum pernah melihat langsung. Makanya dirinya antusias sekali untuk melihat langsung dan kebetulan sedang mulai mekar.

“Ternyata tinggi juga ya, kalau bunga Rafflesia saya pernah lihat. Kalau Bunga Kibut ini pertama kalinya,” singkatnya. [Supriyadi]