Pedomanbengkulu.com, Bengkulu Utara – Bertempat di Alun-alun Kota Arga Makmur Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ibu Rosa Vivien Ratnawati berserta rombongan berkunjung ke Bengkulu Utara.

Dalam kunjungannya Dirjen PSLB3 menghadiri kegiatan senam sehat bersama, sosialisasi gerakan pilah sampah dari rumah dan gerakan bawa botol minuman (BBM), dan disambut antusias oleh Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian bersama jajaran Forkopimda beserta masyarakat Bengkulu Utara.

Dalam sambutannya Ibu Rosa Vivien Ratnawati selaku Dirjen PSLB3 menyampaikan, bahwa Kabupaten Bengkulu Utara Teknik Pengelolaan Sampah semakin baik, telah mencapai 94 persen di tahun 2019, target selanjutnya 100 persen di tahun 2025.

“Kami Hadir disini di Bengkulu Utara dari KLHK untuk melihat bagaimana pengelolaan sampah, mengangkut dan memilah sampah. Saya melihat sudah baik dan pengelolaan sampah sudah melampaui target yakni mencapai 94% di tahun 2019, target kita selanjutnya di tahun 2025 menjadi 100%,” ungkap Dirjen PSLB3, Sabtu (8/2/2020).

Dirinya berharap supaya ke depannya masyarakat Bengkulu Utara tetap menjaga kebersihan dan menghasilkan nilai ekonomi dengan memilah sampah organik dan non organik untuk didaur ulang.

“Harapannya kepada seluruh masyarakat Bengkulu Utara saya meminta untuk terus memilah sampah, karena program nasional memilah sampah dapat menjaga kebersihan lingkungan dan mempunyai nilai ekonomi dari sampah yang dapat di daur ulang,” harapnya.

Di tempat yang sama dalam sambutannya Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian mengapresiasi atas kunjungan Ibu Dirjen PSLB3 beserta rombongan dan berharap kepada masyarakat Bengkulu Utara dapat melaksanakan dan menjalankan Program Pilah Sampah dan BBM untuk menjaga kebersihan lingkungan.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Bengkulu Utara saya menyampaikan apresiasi atas kunjungan Ibu Dirjen beserta rombongan pada hari ini. Tentunya merubah sesuatu dan memberikan edukasi yang bermanfaat kepada semua lapisan masyarakat di Bengkulu Utara ini,” ungkap Mian.

Bupati Mian menambahkan dengan kedatangan Dirjen PSLB3 menambah semangat untuk mengelola sampah dengan lebih baik dan Pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah diantaranya membuat regulasi peraturan Bupati tentang Bawa Botol Minuman, sudah dibuat perbupnya Jastrada, surat edaran pilah sampah, dan surat edaran pada kegiatan Jumat Bersih.

“Karena kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama. Hikmah hari ini adalah arahan dan petunjuk langsung dari Ibu Dirjen menjadi spirit untuk kita menjadi lebih baik.” pungkasnya. [Sugeng]