Pedomanbengkulu.com, Seluma – Jelang berakhirnya tahun ajaran baru 2019-2020, sekolah di Kabupaten Seluma mulai melakukan persiapan terhadap ujian sekolah maupun ujian nasional. Dinas Pendidikan (Dispendik) kabupaten Seluma memastikan, tidak ada pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) untuk seluruh Sekolah Dasar.

Kepala Dispendik Kabupaten Seluma, Emzaili Hambali menyebutkan, USBN tahun ini sudah dihapuskan, sehingga sekolah hanya akan melakukan ujian sendiri dan akan menentukan kelulusan siswa-siswinya.

“Untuk tahun ini di tingkat pendidikan SD (hanya) dilaksanakan ujian sekolah, diatur oleh sekolah masing masing dari pembuatan kisi kisi soal, perakitan, sampai pengadaan dan penilaian. Penentuan kelulusan pun (ditentukan) sekolah” jelas Emzaili (21/2/2020).

Sementara itu untuk tingkat SMP, masih akan dilakukan Ujian Nasional pada tahun 2020, dan merupakan UN terakhir yang akan dilaksanakan di sistem pendidikan Indonesia.

“Tidak Ada (UN SD), untuk SMP dan SMA itu masih UN tetapi untuk tahun ini, ini UN tahun terakhir. Untuk tahun depan menurut informasinya akan ada semacam assesement” jelas Emzaili.

Keputusan dihapuskannya UN sendiri, sudah mulai mengemuka dan dikaji oleh Mendikbud Nadiem Makarim, pasca dilantik oktober 2019 lalu. [IT2006]