Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu Erdiwan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sebagai tuan rumah pertama yang akan menyelenggarakan acara Hari Kopi Sedunia (Internasional Coffee Day) di Provinsi Bengkulu. Dinas Koperasi dan UMKM berencana mengadakan sertifikasi uji kompetensi barista.

Meskipun belum ditentukan kapan akan diadakan, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bengkulu Erdiwan mengungkapkan, pelatihan yang akan diberikan nanti diharapkan mampu menambah wawasan dalam pengelolaan kopi-kopi daerah dengan citarasa khas baristanya sendiri.

“Kita harap dengan adanya sertifikasi barista, ini menambah kredibilitas dan profesionalisme pelakunya sendiri. Selain itu juga menambah wawasan para barista agar diakui ketika berkompetensi di luar daerah,” sampai Erdiwan, Selasa (18/02/2020) di tempat kerjanya.

Lanjutnya, uji kompetensi itu dilakukan untuk menjamin kualitas lulusan pelatihan barista dan menjadi syarat utama mendapatkan sertifikat kompetensi barista profesional.

“Uji kompetensi barista untuk mendapatkan sertifikat kompetensi ini dilakukan secara sistematis dan objektif dengan mengacu pada Standar Kompetensinya,” kata Erdiwan.

Erdiwan berharap uji kompetensi yang dilakukan nanti dapat menghasilkan lulusan barista terbaik, sekaligus mendorong wirausaha muda mengembangkan bisnis kopi.

Pengadaan pelatihan ini akan menggandeng Dirjen Kementerian UKM pusat dengan pembiayaan yang ditanggung oleh Pemerintah Provinsi menggunakan APBD. Adapun dokumen dan syarat yang perlu disiapkan juga akan dipermudah.

“Soal syarat itu nanti standar saja, selagi punya usaha Kopi, daftarkan saja nanti dengan data pribadi. Jenisnya kan juga pelatihan,” pungkas Erdiwan. [Mario]