PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan kembali menyampaikan dakwah dalam safari subuh di Masjid Babul Jannah Jalan Sungai Rupat IX RT 41 Kelurahan Pagar Dewa, Minggu (16/2/20). Seperti biasa, dalam tausiyahnya usai salat subuh berjamaah, Helmi mengajak jamaah memakmurkan masjid.

Selain itu ia juga mengajak untuk menebar kebaikan, terutama kebaikan-kebaikan di dalam masjid. Sebab kata beliau, masjid dan kebaikan itu bisa membuat preman besar menjadi orang yang beriman.

Ia mencontohkan preman besar pada zaman Rasulullah Muhammad SAW yakni Saidinah Umar.

“Yakinlah bahwa masjid dan kebaikan bisa merubah preman besar menjadi beriman. Orang-orang kafir tawanan perang yang ditahan orang Islam diperlakukan dengan baik, makannya pun disuapin. Sedangkan orang Islam yang ditahan orang kafir diperlakukan buruk. Orang kafir yang diperlakukan baik itu akhirnya masuk Islam,” ujar Helmi.

Helmi mengajak seluruh masyarakatnya untuk bagaimana menjadikan masjid sebagai tempat yang paling menyenangkan. Sebagaimana ikan senang di air dan burung senang di angkasa. Begitu pula umat Islam harusnya senang ke masjid.

“Jadi bagaimana kita membuat masjid ini menyenangkan. Seperti di masjid At Taqwa, disediakan air minum dalam kulkas, kopi, teh, es krim, mesin cuci kalau mau mencuci pakaian. Juga ada kantin di belakang masjid, boleh makan sepuasnya bayar seikhlasnya. Di masjid At Taqwa kami sudah komitmen masjid buka 24 jam. Dan saya harapkan demikian juga di masjid-masjid lainnya,” kata Helmi.

Helmi bersyukur jamaah salat subuh yang datang ke masjid Babul Jannah lumayan banyak. Salat subuh ini, kata Helmi bagi orang-orang munafik memang sangat berat untuk dikerjakan.

“Memang berat salat subuh ini, tapi manfaat dan pahalanya pun besar. Bersyukur kita masih ditolong Allah untuk dapat melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid ini,” kata Helmi.

Ia melanjutkan, pemkot mengapresiasi kepada seluruh pengurus masjid dan masyarakat yang telah memakmurkan masjid dengan tenaga, harta dan waktu.

Usai tausiyah subuh, Helmi diminta oleh Ketua RT 41 untuk menyempatkan diri melakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid baru di RT 41 yang diberi nama masjid Al Malik. Dengan senang hati Helmi memenuhi permintaan tersebut. Ia juga mengatakan pemerintah akan ikut membantu pembangunan rumah Allah tersebut.

Salah satu warga setempat, Iwan (34) mengatakan bahwa masjid Babul Jannah saat ini sudah buka 24 jam sesuai arahan dari walikota. Ia mengaku kagum dan bangga mempunyai pemimpin seperti Helmi Hasan.

“Seperti apa masyarakat itu sebenarnya tergantung pemimpinnya. Kalau pemimpinnya memberi contoh yang baik, maka masyaratnya juga akan berprilaku baik. Alhamdulillah kita mencontoh kebaikan pak walikota. Kita memakmurkan masjid, setiap kegiatan-kegiatan RT, arisan dan lain-lain bukan di rumah tapi di masjid,” ujar Iwan. [Soprian/Rilis]