PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), Univeristas Bengkulu (Unib) mengajak Mahasiswa-mahasiswi lain untuk ikut mengawasi jalannya pilkada serentak 2020.

Ajakan itu tertuang dalam acara Dialog Publik di ruang Perpustakaan Unib. Dengan mengundang pemateri dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu Halid Saifullah, Polda Bengkulu dan Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unib Heri Suprianto.

Dekan Fisip Unib Achmad Aminudin, mengungkapkan, Pendidikan Ilmu Kesejahteraan Sosial itu tidak melulu tentang sosial, namun juga mengacu pada perspektif kebijakan yang mengacu pada efektivitas mahasiswa dalam menyikapi kontestasi politik di Pilkada Bengkulu.

“Kami mendukung kegiatan dialog publik yang dilaksanakan oleh Hima-KS. Kondisi yang terjadi saat ini, kontestasi Pemilu seakan kehilangan atas kepercayaan publik lantaran terjadinya operasi tangkap tangan pada pengurus vital KPU. Dan ini menjadi pertimbangan di kemudian hari apabila mahasiswa mengintervensi, hadir dalam peran strategis, ikut serta menyikapi kebijakan pemilu. Jangan hanya menjadikan mahasiswa hanya subjektif,” ungkapnya, Minggu (16/02/2020).

Ketua Hima-KS Sindra Abdul Yasier mengatakan kegiatan tersebut diselenggarakan agar menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap pemilihan kepala daerah dan menjadi fungsi kontrol pelaksanaan pilkada.

“Terselenggaranya kegiatan ini tidak lain adalah sebagai bentuk kepedulian dan kontrol sosial menjelang pilkada 2020. Agar pesta demokrasi ini berjalan dengan aman, damai dan melahirkan pemimpin yang peduli terhadap kondisi sosial masyarakat,” ungkap Ketua Hima-KS tersebut.

Nantinya mahasiswa juga akan ikut mengawasi jalannya pilkada serentak di Bengkulu yang akan dilaksanakan pada September 2020 mendatang.

“Kita sedang melakukan kajian dengan kawan-kawan, nantinya kami akan ikut mengawasi jalannya pilkada agar tidak ada kecurangan, lebih aman dan damai sesuai harapan kita semua,” pungkasnya.

Diikuti oleh puluhan mahasiswa dari berbagai organisasi dan jurusan yang ada di Universitas Bengkulu. Dialog publik ini mengangkat tema, Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Pilkada Provinsi Bengkulu yang Aman dan Damai pada di UPT Perpustakaan Unib. [Mario]