Jalan Santai Hidayah akan diadakan di Kota Bengkulu tepatnya di halaman Masjid At-Taqwa pada 23 Februari mendatang yang diawali dengan Salat Subuh hingga Salat Zuhur berjamaah.

Acara jalan santai yang digagas Walikota Bengkulu H Helmi Hasan dengan melibatkan ribuan anak yatim ini diadakan sebagai awal dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bengkulu ke-301 sekaligus peringatan HUT Pedoman Bengkulu ke-5.

Jalan Santai Hidayah ini bisa diikuti siapa saja dan tentunya gratis atau tidak dipungut biaya untuk ikut berpartisipasi.

Hebatnya lagi, jalan santai ini bertabur doorprize seperti hadiah umroh, motor, kipas angin, dan masih banyak lagi.

Manfaat Jalan Santai untuk Kesehatan

Jalan santai termasuk olahraga yang ringan dengan manfaat kesehatan segudang.

Agar tidak ragu lagi untuk ikut, berikut melansir berbagai sumber dijelaskan manfaat jalan santai untuk kesehatan.

1. Meringankan nyeri sendi

Bagi orang yang punya permasalahan dengan sendi bisa menerapkan jalan santai dan akan lebih baik dengan jarak delapan sampai sembilan kilometer per minggu. Hal ini dilakukan untuk dapat mencegah dan meringankan radang sendi. Tapi, lakukan semampunya dan tidak perlu memaksakan hingga sembilan kilometer.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Jika rentan sekali terkena pilek atau sakit musiman, jalan santai sangat direkomendasikan untuk rutin dilakukan, pasalnya jalan santai dapat meningkatkan sistem imun dan membantu mencegah flu dan pilek.

3. Membakar kalori

Jalan santai juga dapat membakar kalori jika dilakukan secara rutin. Tentunya pembakaran kalori bergantung dari kecepatan jalan dan jarak yang ditempuh. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Melindungi otot jantung

Menjaga otot jantung tidaklah sulit, cukup dengan berjalan setidaknya 30 menit sehari selama lima hari dalam seminggu mampu menurunkan peluang mengalami penyakit jantung koroner.

5. Menambah energi

Jalan santai mampu meningkatkan kadar oksigen dan hormon-hormon yang menambah energi dalam tubuh, seperti epinephrine, norepinephrine, dan kortisol.

6. Membentuk otot paha

Nah, jalan santai juga bisa menguatkan dan membentuk otot paha. Berjalan pada rute menanjak, atau dengan naik dan turun tangga bisa melatih otot paha.

7. Meningkatkan suasana hati

Kabar baiknya lagi, tidak hanya secara fisik, manfaat jalan santai juga berdampak untuk psikis. Jalan santai selama 30 menit sebanyak tiga kali sehari dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan, serta meningkat kepercayaan diri.

Jangan lupa pada saat melakukan jalan santai, harus memperhatikan postur tubuh, kepala harus tegak dan melihat ke depan sementara bagian bahu, leher, dan punggung dilemaskan.

Gerakkanlah lengan saat berjalan secara bebas dengan menekukkan sikut. Kencangkan otot perut dan jaga agar punggung tetap lurus.

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum jalan santai yakni pemanasan dan peregangan, serta rute yang akan dilewati. Pastikan untuk menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman.

Jalan santai 23 Februari mendatang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bertaburnya hadiah bisa langsung dibawa pulang oleh peserta yang beruntung. Jangan lupa ikut berpartisipasi. [Suci]