Pedomanbengkulu.com, Rejang Lebong – Tes wawancara bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah dimulai oleh KPU Rejang Lebong sejak Sabtu hingga Senin 10 Februari 2020 besok. Dari 150 calon yang telah lulus seleksi tertulis akan diciutkan menjadi 75 orang atau masing-masing 5 orang untuk setiap kecamatan. Koordinator Divisi Sosialisasi, SDM, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Rejang Lebong, Ujang Maman menyampaikan pihaknya mencari PPK yang memiliki kemampuan lebih dari yang lainnya.

“Kami membutuhkan anggota PPK yang memiliki kecerdasan dan kemampuan lebih sehingga bisa menjadi leader di tengah masyarakat, apalagi di kecamatan itu berpotensi konfliknya tinggi,” kata Ujang.

Dikatakan Ujang, anggota PPK yang terpilih nantinya di setiap kecamatan diharapkan memiliki kecakapan dalam bermasyarakat, harus bisa menyelesaikan konflik dalam masyarakat yang berpotensi terjadi di tengah masyarakat dalam wilayah kerjanya masing-masing, memiliki integritas, memiliki rekam jejak yang baik, serta memiliki pengetahuan bidang kepemiluan dan penguasaan kewilayahan.

“Sekarang yang mengikuti tes wawancara ini memiliki kesempatan yang sama dan tidak ada perlakuan khusus, baik yang sudah berpengalaman dalam penyelenggaraan pemilu maupun peserta yang baru pertama mengikuti seleksi calon anggota PPK. Semua calon anggota PPK yang mengikuti tes wawancara ini semuanya sama, kami anggap semuanya yang masuk dalam tes wawancara ini secara umum memiliki pengetahuan kepemiluan,” kata Ujang.

Dari 150 calon anggota PPK yang dinyatakan lulus tes tertulis, akan dipilih 75 orang atau lima orang per kecamatan. Mereka menjalani tes wawancara di KPU Rejang Lebong Para peserta tes dari 15 kecamatan,  terbagi menjadi tiga kelompok dengan waktu pelaksanaan tes wawancara, yakni sesi pertama mulai pukul 08.30 dan sesi terakhir pada pukul 20.30 WIB. [Julkifli Sembiring]