Peserta Jalan Santai Hidayah tumpah ruah di jalanan di kawasan Masjid Agung At-Taqwa, Ahad (23/2/2020). Foto Kominfo Kota Bengkulu.

Semua Serba Gratis

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Sejarah baru tercipta. Walikota Bengkulu H Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi bersama ribuan anak yatim, janda-janda, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh jurnalis, serta puluhan ribu warga ikut serta dalam perayaan “lebaran anak yatim” Jalan Santai Hidayah (JSH) di Masjid Agung At-Taqwa, Senin (23/2/2020).

Kupon, parkir, konsumsi, umroh, motor, sepeda, dan sebagainya serba gratis.

Da’i kondang, Derry Sulaiman, yang ikut serta dalam kegiatan ini mengimbau kepada puluhan ribu peserta yang hadir untuk meninggalkan kecintaan terhadap dunia dan mulai memikirkan kehidupan akhirat.

“Kampung halaman kita yang sebenarnya adalah negeri akhirat. Dunia ini sementara, sekarang nampak nyata tapi kelak hanya akan tinggal cerita. Sementara akhirat itu kekal abadi, sekarang nampak baru cerita, tapi kelak pasti akan jadi nyata,” ucap mantan gitar band metal ternama Indonesia, Betrayer ini.

Derry juga mengajak agar seluruh warga Bengkulu hijrah, menjemput hidayah dari Allah subhanahu wa ta’ala dengan cara memperkuat iman dan memperbanyak amal saleh.

“Carilah harta yang banyak, tapi gunakan untuk bersedekah di jalan Allah. Makmurkan masjid, mudah-mudahan Allah subhanahu wa ta’ala meridai semua usaha kita,” ungkap da’i yang telah mempelajari dakwah di banyak negara ini.

Acara ini juga diisi dengan doa oleh Ustaz H Muhammad Nurman. Pria yang akrab disapa Buya Nurman ini mendoakan agar seluruh warga Bengkulu mendapatkan hidayah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

“Hijrah yang sebenarnya adalah bagaimana kita meninggalkan semua perbuatan yang dilarang oleh Allah. Semoga dengan hidayah, seluruh warga Bengkulu berhijrah, sehingga di Bengkulu lahir banyak kebaikan-kebaikan,” ujar cucu Buya Hamka ini.

Menjadi Agenda Tahunan
JSH sendiri digagas Walikota H Helmi Hasan untuk mendekatkan hati warga Bengkulu dengan masjid, pusat hidayah di muka bumi.

Bahkan usaha mendekatkan hati warga dengan rumah ibadah ini dilakukan sejak dini melalui keterlibatan pelajar menengah ke bawah se Kota Bengkulu.

Dimulai dari salat Subuh berjamaah, JSH berakhir menjelang Zuhur berjamaah. Seluruh peserta yang hadir menutup auratnya dengan baik.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan dalam kata sambutannya menyampaikan JSH ini penting dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi warga Bengkulu dalam merayakan lebaran anak yatim.

“Kedepannya insyaAllah lebaran anak yatim ini akan kita adakan se-Provinsi Bengkulu,” ujar Walikota Bengkulu ketika melepas peserta Jalan Santai Hidayah.

Helmi berharap kebersamaan dalam harmoni dapat terus dijaga untuk membangun Kota Bengkulu yang religius dan bahagia.

Hidayah sendiri merupakan perkara yang paling penting dalam agama. Hidayah adalah doa yang selalu diminta setiap salat sesuai dengan perintah Allah subhanahu wa ta’ala agar hamba-hamba-Nya untuk selalu berdoa memohon hidayah taufik kepada-Nya.

Doa hidayah dalam salat ini menurut Syaikh ‘Abdur Rahman as-Sa’di merupakan doa yang paling menyeluruh dan bermanfaat bagi manusia, oleh karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk berdoa kepada-Nya dengan doa ini di setiap rakaat. [Soprian/Advetorial]