PedomanBengkulu.com, Lebong – Petani di Kecamatan Lebong Sakti mulai memasuki panen perdana padi sawah, dimulai Sabtu (29/2/2020) ada dua lahan sawah yang melaksanakan panen padi, pertama milik Prade di Desa Ujung Tanjung II dan lahan milik Jon Muftizal di Desa Ujung Tanjung III. Tentunya mulainya musim panen, selain berkah bagi petani pemilik lahan, juga akan memberikan peluang tambahan penghasilan bagi masyarakat lainnya untuk ikut memanen padi.

Koordinator Penyuluh (Korluh) BP3 Sukabumi, Putra Pratama kepada PedomanBengkulu.com mengatakan, bahwa untuk Kecamatan Lebong Sakti, musim panen padi dimulai dari Desa Ujung Tanjung II dan III. Hal tersebut lantaran didua desa tersebut, memang banyak petani yang mengikuti jadwal Musim Tanam Pertama (MT1) tahun 2019 yang dianjurkan Pemkab Lebong sebelumnya.

“Hari ini ada dua lahan yang kami pantau, pertama milik Bapak Prade dan Bapak Jhon Muftizal,” sampai Putra Sabtu (29/2/2020) siang.

Ditambahkan Putra, dalam sepekan ini bisa dikatakan memang baru panen perdana dan hanya beberapa lahan yang siap panen. Sedangkan untuk puncak panen raya di Kecamatan Lebong Sakti diperkirakan akan dimulai akhir Maret 2020.

“Masih beberapa lahan yang siap panen, biasanya setiap ada yang sudah panen. Secara berkelanjutan akan diikuti oleh sawah-sawah disekitarnya. Karena kebanyakan Petani hampir berdekatan waktu MT-1,” bebernya.

Bahkan Senin lusa, lanjut Putra, sudah ada dua lahan yang cukup luas akan melaksanakan panen. Hak itu diketahuinya berdasarkan pemantauan pihaknya secara berkala dengan melihat langsung serta komunikasi dengan sejumlah pengurus kelompok tani.

“Khusus lahan milik Bapak Jhon dan Prade, pasca panen mereka akan langsung mempersiapkan turun MT2. Memang kita selalu anjurkan masyarakat dapat ikut dalam MT2, selain usaha menambah penghasilan. Jika langsung tanam lagi, kemungkinan bisa panen berbarengan dengan panen padi di luar kecamatan Lebong Sakti. Jadi resiko gagal dapat diminimalisir,” pungkasnya. [Supriyadi]