Pedomanbengkulu.com, Seluma – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Seluma resmi melantik 70 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk ditugaskan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. 70 PPK dilantik langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Seluma Sarjan Effendi, di Balai Adat kabupaten Seluma (29/2/2020).

PPK yang dilantik ini, sebelumnya sudah melewati tahapan mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis, dan tahapan wawancara. Ketua KPU Kabupaten Seluma Sarjan Effendi mengatakan, PPK yang sudah dilantik harus bekerja dengan penuh integritas dan tidak mengulangi kesalahan PPK di Pemilu sebelumnya.

“Semoga kedepan seperti yang di Ulu Talo (Manipulasi Perolehan Suara) tidak akan terjadi lagi, dan strategi untuk mencegah seperti di Sekalak (Pemungutan Suara Ulang) karena tidak ada sinyal handphone, nanti kita akan melakukan berbagai strategi dengan sistem informasi berantai dari desa” jelas Sarjan.

KPU juga langsung melakukan bimbingan teknis, sehingga setiap PPK dapat menolak setiap tawaran atau janji oknum, yang meminta melakukan kecurangan saat pilkada berlangsung.

“Kami akan sampaikan kepada mereka pengalaman pengalaman kami yang biasanya dirayu rayu, jadi jangan mudah percaya, harus punya pendirian yang kuat” jelasnya.

PPK ini akan mulai bertugas pada minggu (1/3/2020), dan akan bekerja hingga akhir november 2020. Pemungutan suara Pemilihan Bupati-Wakil Bupati akan dilaksanakan pada (23/0/2020) mendatang. [IT2006]