Pedomanbengkulu.com, Seluma – Rekrutmen tenaga panitia pemungutan suara (PPS) untuk wilayah kabupaten Seluma, resmi dimulai pada (18/2/2020) oleh Komisi Pemilihan Umum kabupaten Seluma, tahapan pertama yakni penerimaan berkas lamaran. Rekrutmen PPS dilakukan dengan dibagi empat daerah pemilihan (Dapil).

Dalam rekrutmen ini, pelamar minimal PPS di setiap desa jumlahnya enam orang, dan akan diambil 3 orang. 3 orang lainnya akan menjadi daftar tunggu, bila ada PPS terpilih yang mengundurkan diri.

“Rekrutmen sudah dimulai sejak hari ini, dan dibagi perdapil. Ini dilakukan dalam tenggang waktu tujuh hari, jika kuota enam orang tidak terpenuhi, maka akan diperpanjang selama tiga hari. Namun jika belum juga memenuhi kuota minimal, maka diambil pelamar dari desa terdekat” jelas Komisioner KPU Kabupaten Seluma Edi Anzori.

Tahapan seleksi PPS terdiri dari verifikasi administrasi, kemudian tes tertulis di dapil masing masing. Dari tes tertulis akan diambil enam orang, untuk mengikuti tahapan selanjutnya yakni tahapan wawancara sebanyak tiga orang.

Tenaga PPS ini nantinya akan mulai bekerja pada akhir maret, hingga akhir November 2020 mendatang. PPS akan mulai banyak bekerja saat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. [IT2006]