Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief saat memberikan paparan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu, beberapa waktu yang lalu.

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Indonesia sungguh majemuk. Data Badan Pusat Statistik (BPS) secara resmi menyebutkan terdapat 1.128 suku bangsa dan bahasa, ragam agama dan budaya di sekitar 16.056 pulau yang ada di seluruh Indonesia.

Anggota Komite II DPD RI Hj Riri Damayanti John Latief mengungkapkan, kemajemukan tersebut perlu disatukan dengan konsepsi yang menopang semua keberagaman Indonesia.

“Empat Pilar Kebangsaan menjadi konsepsi yang menyatukan seluruh kemajemukan Indonesia menjadi sebuah ikatan, memberikan ketentraman, keamanan, kenyamanan, kesejahteraan kepada semua warga negaranya,” kata Riri Damayanti saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu, beberapa waktu yang lalu.

Terkhusus kepada generasi muda, alumni Universitas Bengkulu ini memaparkan, penting untuk selalu mengambil peran menghidupkan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan tersebut agar tidak hilang ditelan arus globalisasi.

“Sebagai pewaris bangsa dari sebuah negara yang besar, generasi muda perannya sangat penting untuk menjaga agar nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan tetap hidup di tengah-tengah masyarakat,” ujar Riri Damayanti.

Dengan adanya sosialisasi ini, Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu ini berharap generasi muda tidak melupakan jati dirinya sebagai sebuah bangsa dari negara yang bernama Indonesia.

“Dalam hal ini implementasinya menjadi penting. Mulailah dari hal-hal yang kecil semisal menuntut ilmu dengan sebaik-baiknya agar ilmu tersebut dapat dimanfaatkan untuk memajukan bangsa dan negara,” ungkap Riri Damayanti.

Anggota Kaukus Perempuan Parlemen RI menyatakan siap untuk senantiasa menggalang kerjasama dengan berbagai elemen generasi muda dalam penanaman nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan ini.

“Dari anak-anak muda ini harapan saya dan kami di MPR RI nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan ini bisa meresap ke berbagai lapisan masyarakat. Apalagi sebagian besar anak muda ini merupakan pengguna internet yang dapat memviralkan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan ini dengan mudah dan efektif,” demikian Riri Damayanti.

Untuk diketahui, pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini berdasarkan pada Undang-undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD Pasal 15 ayat 1 yang menyebutkan bahwa salah salah satu tugas MPR adalah mengkoordinasikan anggota MPR untuk memasyarakatkan UUD 1745.

Kegiatan ini dinilai penting mengingat masih banyak penyelenggara negara dan kelompok masyarakat yang belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Dengan adanya kegiatan ini, MPR RI mengharapkan Empat Pilar Kebangsaan dapat membudaya dan memasyarakat sehingga esksistensi dan peranannya tidak memudar seiring waktu dan tetap menjadi pedoman utama dalam penyelenggaraan negara. [Muhammad Qolbi]

Kedatangan Senator Hj Riri Damayanti John Latief di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu disambut para guru.
Tampak peserta antusias mengikuti sosialisasi ini.
Senator berfoto bersama para guru SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.
Senator berfoto bersama panitia acara.