PedomanBengkulu.com, Mukomuko – Di zaman sekarang ini, penyakit seperti hipertensi dan Diabetes MIlitusTipe 2 apabila tidak segera di obati dapat berakibat pada penyakit berbahaya seperti jantung dan cuci darah dan berbiaya besar, dalam rangka pencegahan hal tersebut BPJS Kesehatan Kabupaten Mukomuko menggandeng Kimia Farma dan puskesmas yang ada di sekitar Kota Mukomuko menggelar Sosialisasi Program Prolanis Promotif Preventif sekaligus pemeriksaan kesehatan kepada peserta JKN-KIS bertempat di Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Mukomuko (15/02).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari BPJS Kesehatan Kabupaten Mukomuko Fairuz Abadi, perwakilan dari Kimia Farma, petugas dari Puskesmas Lubuk Sanai, Puskesmas Kota Mukomuko, Puskesmas Air Majunto serta sekitar 80 orang peserta.  Dalam pemaparannya Fairuz abadi menjelaskan bahwa ini merupakan wujud nyata dari upaya promotif preventif yang dilakukan BPJS Kesehatan sebagai bagian dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). “BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional yang diamanatkan dalam undang-undang sangat peduli dengan kesehatan pesertanya. melalui program Prolanis ini kita dapat memantau peserta kita yang terkena penyakit hipertensi dan Diabetes Militus sehingga dengan mengkonsumsi obat rutin serta senam sehat kita bisa mencegah peserta tidak terkena penyakit yang lebih berbahaya,” jelas Fairuz.

Yanuarti (45) salah satu peserta kegiatan warga Bandar Ratu Kecamatan Kota Mukomuko mengatakan  puas dengan program ini. “Terimakasih atas program dan sosialisasi Prolanis, sebagai peserta JKN-KIS saya merasakan manfaat yang luar biasa. BPJS kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional sangat berkontribusi baik pelayanan kesehatan seperti pelayanan waktu sakit , sebelum sakit dan pelayanan setelah sakit. Saya harap program Prolanis tetap di tingkatkan, agar saya dan teman-teman Prolanis tetap bisa selalu menjaga kesehatan,” ujar Yanuarti.

Program pengelolaan penyakit kronis atau disingkat Prolanis sendiri merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan, dan BPJS Kesehatan dalam rangka memelihara kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis, sehingga dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien, tujuannya adalah untuk mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal.

Sampai dengan bulan Januari 2020, peserta Prolanis di Kantor Cabang Bengkulu di wilayah Kabupaten Mukomuko mencapai 855 peserta.[Rls]