PedomanBengkulu.com, Seluma – Pergerakan politik terus terjadi jelang pelaksaan Pilkada 2020 di kabupaten Seluma. Setelah pencalonan mengerucut pada dua bakal pasangan calon yakni Edison Simbolon – Khairi Yulian dan Erwin Octavian – Gustianto, poros baru berpotensi kembali terbentuk. Bakal pasangan calon yang baru terbentuk adalah Wakil Bupati Seluma Suparto, dan Sekda Kabupaten Seluma Irihadi.

Keduanya bahkan saat ini sudah mengurus persyaratan pencalonan melalui jalur perseorangan (independen) ke KPU kabupaten Seluma, pada Jum’at (7/2/2020). Informasi keduanya mengurus persyaratan, dibenarkan oleh ketua KPU kabupaten Seluma, Sarjan Effendi.

“Memang benar tadi sudah ada yang mengurus dan berkordinasi dengan kami, terkait aplikasi Silon yang merupakan syarat untuk mengumpulkan dukungan calon independen. Yang mengurus itu dari pihak pak Suparto dan Irihadi” jelas Sarjan.

Nantinya bakal pasangan calon independen ini, wajib memgumpulkan sedikitnya 13.770 dukungan masyarakat, yang tersebar di 8 kecamatan di kabupaten Seluma.

Adapun Suparto dan Irihadi memang sudah mengikuti penjaringan bakal calon Bupati di partai politik, salah satunya di PDI-Perjuangan. Namun dari hasil survey internal yang dilakukan PDIP, kandidat lain yakni Edison Simbolon dan Khairi Yulian dinyatakan sebagai peraih nilai tertinggi sebagai bakal calon Bupati-Wakil Bupati Seluma.

“Yang melakukan survei kan dia (PDI-P) ya silakan saja. Hahaha.. kita ikuti saja (kemungkinan mencalon di partai lain), mudah mudahan (dapat perahu)” jelas Suparto sembari tersenyum saat dikonfirmasi pada (4/2/2020) kemarin. [IT2006]