Pedomanbengkulu.com, Seluma – Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma terus melakukan pemantauan terhadap 114 warga di Kabupaten Seluma yang baru saja pulang dari perjalanan luar daerah. Kesehatan mereka dipantau oleh petugas kesehatan, pada Puskesmas wilayah masing-masing.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kabupaten Seluma, Ahmad TavipĀ  menyebutkan, warga tersebut baru pulang dari berbagai daerah yang terdapat pasien terpapar Covid-19.

“Mereka telah melakukan perjalanan dari daerah endemis dari luar negeri maupun dalam negeri, saya contohkan yang kebanyakan itu dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Bukit Tinggi, Padang, kemudian dari luar negeri ada dari Malaysia, Jepang dan Korea,” jelas Tavip, Kamis (26/3/2020).

Adapun golongan pekerjaan warga tersebut, mulai dari PNS hingga mahasiswa yang baru pulang dari tempat kuliahnya di luar Provinsi Bengkulu.

“Pada umumnya itu warga biasa, pekerja yang dipulangkan perusahaannya, anak-anak kuliah yang pulang juga, kemudian ada memang PNS 3 orang. Tempat tinggal bermacam-macam, paling banyak itu di Kembang Mumpo, banyak yang pulang dari pekerja, ada 22 orang,” jelas Tavip.

Sementara itu satu orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di RSMY Bengkulu, dimakamkan di salah satu desa di Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma. Pasien yang merupakan wanita berusia 78 tahun tersebut langsung dimakamkan oleh keluarga, dengan mendapat pengawalan petugas kepolisian.

“Langsung dibawa ke pemakaman dan tidak dibawa ke rumah duka dalam keadaan aman dan terkendali.
Dan dihimbau kepada pihak keluarga agar tidak mengadakan takziah di rumah duka,” jelas Kapolsek Talo, Iptu Sodri. [IT2006]