Direktur Utama PD BIMEX Ir. Frentindo

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Perusahaan Daerah (PD) Bengkulu Impor Expor (Bimex) salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. PD Bimex Bengkulu menyasar tiga bidang usaha yakni perkebunan, pertambangan dan pelabuhan.

Disampaikan oleh Direktur Utama PD BIMEX Ir. Frentindo, mengatakan beberapa bulan setelah pelantikan, yang pertama Bimex lakukan fokus kepada pembenahan-pembenahan internal.

“Alhamdulillah lebih kurang satu bulan setengah Bimex melakukan pembenahan-pembenahan internal seperti penataan sumber daya manusia (SDM) dan itu sudah selesai,” ungkap Direktur Utama Bimex Ir. Frentindo kepada PedomanBengkulu.com, pada Senin (09/03/2020).

Sambungnya, setelah melakukan pembenahan-pembenahan internal tersebut sudah selesai, barulah mereka akan memulai core business. Sektor bisnis yang dilakukan seperti pelabuhan akan dirancang bekerja sama dengan PT Pelindo II Bengkulu dengan menyediakan jasa tertentu.

“Kita juga akan bekerja sama dengan Bulog yang berhubungan dengan UMKM. Kerjasama ini yang nantinya akan melakukan pembinaan ke BUMDes-BUMDes, itu yang sudah kita lakukan dan insyaAllah minggu depan kita sudah perjanjian kerjasama (PKS), dan nantinya kita akan menyediakan produk-produk lokal, seperti hasil perkebunan, pertanian, makanan yang memang nantinya yang sudah di brand produk lokal Bengkulu,” ungkapnya.

Tidak itu saja, tambahnya, ia menuturkan, PD BIMEX juga bergerak di industri seperti Semen Padang.

“Saat ini mitra ini sudah kita jalin, dan insyaAllah 3 sampai 4 bulan ke depan semen Indonesia akan melakukan kerjasama di Bengkulu dan kita sendiri dari Bimex, nantinya bisa membantu dalam pembangunan jalan tol, rel kereta api, dan pembangunan infrastruktur yang ada di Provinsi Bengkulu, dan untuk masyarakat diluar provinsi kita akan menyediakan group semen Indonesia,” katanya.

Sebelumnya pemerintah daerah melelang jabatan direktur PD Bimex dan berdasarkan uji kelayakan dan kepatutan.

Keempat jajaran direksi yang dilantik diantaranya dua Direktur, dan dua Dewan Pengawas atas nama, Frentindo sebagai Direktur Utama, Handiro Efriawan sebagai Direktur Umum dan Keuangan. Untuk Dewan Pengawas yang dilantik yakni, H Elfi Hamidi Marah Sudin sebagai ketua dan Ir Hj Bismalinda sebagai anggota. [Soprian]