PedomanBengkulu.com, Bengkulu — Menyikapi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona yang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia. Kapolres Bengkulu AKBP Pahala Simanjuntak, S.Ik menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, mentaati, mematuhi dan mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah.

Pahala Simanjuntak, Sabtu (28/3/2020) mengatakan, Virus Corona atau Covid- 19 merupakan wabah yang sedang melanda dunia, tidak luput Bengkulu juga merupakan salah satu daerah yang rawan penyebaran virus corona tersebut.

“Guna mencegah Virus Corona di Bengkulu. Kami dari Polres Bengkulu menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan mematuhi dan mengikuti kebijakan pemerintah seperti jaga jarak fisik, tetap tenang, jangan panik, tidak melakukan aktifitas atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa,” ungkap Pahala Simanjuntak.

Pahala Simanjuntak menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita-berita yang sumbernya tidak jelas dan dapat menimbulkan keresahan ditengah-tengah masyarakat.

“Saya himbau masyarakat tidak terpengaruh terhadap berita-berita yang sumbernya tidak jelas, diam di rumah demi aman,” tegas Pahala Simanjuntak.

Diketahui, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) telah mengeluarkan maklumat dalam
menghadapi Covid-19 atau virus Corona yang terjadi saat ini. Adapun Maklumat tersebut antara lain, menanggapi kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yakni masyarakat diminta tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan massa,
baik ditempat umum maupun dilingkungan sendiri, seperti pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, loka karya dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Kemudian konser musik, pekan raya, festival, pameran dan resepsi keluarga, kegiatan hiburan. Selain itu, dalam maklumat Kapolri Polres Bengkulu meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik serta meningkatkan kewaspadaan dilingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang melibatkan banyak orang dilaksanakan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan Covid-19. Tidak menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat secara berlebihan.

Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan ditengah masyarakat dan apabila ada informasi yang tidak jelas bisa menghubungi pihak kepolisian terdekat. [Anto]