Kasi Intel Kejari Kaur A Ghufroni SH MH

PedomanBengkulu.com, Kaur – Sesuai dengan keputusan dan petunjuk dari Kejaksaan Agung RI, Kejaksaan Negeri Kaur mulai pada Senin (20/3/2020) terapkan Penyerahan tersangka dan barang bukti atau pelimpahan tahap 2 dan sidang secara online.

Dikatakan Kepala Kejari Kaur Tati Vain Sitanggang SH MH melalui Kasi Intel A Ghufroni SH MH bahwa pelaksanaan pelimpahan tahap 2 dan sidang online itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Covid 19.

“Kami pihak Kejari Kaur hari ini perdana dalam penerapan pelimpahan tahap 2 secara online dan ini sesuai keputusan jaksa agung sedangkan sidang secara onlinenya akan di lakukan perdana pada Kamis ini,” Ghufron menjelaskan di ruang kerjanya pada Senin (30/3/2020).

Ghufron juga menjelaskan sistem pelaksanaan sidang serta pelimpahan tahap 2 online ini agak berbeda dengan biasanya di mana menurutnya ketiga fungsi baik kejaksaan kepolisian serta hakim akan melakukan tupoksinya di kantor masing-masing meskipun begitu perannya sama seperti sidang serta pelimpahan secara biasa.

“Baik kejaksaan hakim serta polisi bertugas seperti biasa hanya saja hakim tetap berada di pengadilan lalu kami jaksa berada di kejaksaan, sedangkan terdakwa akan menyesuaikan di mana terdakwa itu barada bisa di Polres atau di LP Bengkulu Selatan. Jadi pada intinya pelaksanaan nya sama namun tidak bertatap muka langsung,” Ghufron menambahkan.

Selain dari itu dalam penanganan serta antisipasi virus Corona pihak Kejari Kaur juga mewajibkan baik itu karyawan kejaksaan maupun tamu yang datang ke Kejari Kaur harus terlebih dahulu di semprot disinfektan serta cuci tangan sebelum memasuki kantor kejaksaan negeri Kaur. [Sirat]