Ilustrasi

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diwakilkan oleh juru bicara khusus penanganan virus corona, Achmad Yulianto telah mengkonfirmasi dua orang lagi WNI positif terkena virus Corona COVID-19. Saat ini mereka dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

Melansir CNN Indonesia dan Liputan6, sebelumnya dua WNI telah dinyatakan positif virus corona, mereka adalah seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Keduanya dirawat di RSPI Sulianti Saroso. Pemerintah pertama kali mengumumkan kasus tersebut pada Senin (2/3).

Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto mengatakan bahwa dua kasus tersebut masih terkait dengan dua kasus positif COVID-19 sebelumnya.

Yulianto menegaskan “Hasilnya baru kita terima tadi siang,” kata Yuri dalam konferensi persnya di Jakarta pada Jumat (6/3/2020).

Kemenkes menyatakan bahwa kedua Warga Negara Indonesia tersebut berusia 33 dan 34. Namun, dia tidak mengungkapkan jenis kelaminnya. Kedua pasien yang diberi nomor 3 dan 4 ini memiliki suhu tubuh sekitar 37,6 dan 37,7 derajat Celsius. Mereka masih mengalami gejala penyakit seperti batuk, pilek, namun tanpa sesak napas dan masih dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso.

“Kasus nomor 3 dan nomor 4. Suhu badan 37,6 derajat satunya lagi 37,7. Jenis kelamin tidak usah disebut. Usianya antara 33 dan 34 WNI,” kata Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3).

Yurianto menambahkan dua pasien positif terinfeksi virus corona itu pernah kontak dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif terlebih dahulu.

Dengan demikian, total pasien ada 4 orang di Indonesia yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona oleh pemerintah. [Suci Kusuma]