Ilustrasi Olahraga. Foto Butik Alila

Awal bulan Maret 2020 ini, Masyarakat Indonesia dikejutkan dengan adanya dua Warga Negara Indonesia yang telah positif terjangkit virus Corona. Pemerintah Indonesia menghimbau Masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan dan kebersihan untuk mencegah penularan virus Corona.

Memang hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk korban yang terinfeksi virus tersebut. Namun, tentunya ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu melindungi diri dari penularan Virus Corona.

Dilansir dari Focus Taiwan, para ahli kesehatan di Tiongkok menyarankan untuk menggunakan masker wajah dan rutin mencuci tangan untuk mencegah penularan virus yang telah mewabah di berbagai negara di dunia tersebut.

“Dua hal ini bisa melindungi kita dari novel Coronavirus (2019-nCoV),” kata Huang Ching-tai, Kepala Divisi Penyakit Menular, Departemen Penyakit Dalam di Rumah Sakit Linkou Chang Gung Memorial, Taipei.

Huang menambahkan Virus Corona disebarkan melalui transmisi kontak yang berarti petugas medis yang terinfeksi mungkin telah menyentuh droplet (percikan cairan liur/dahak) seseorang yang terinfeksi. Hal tersebut yang membuat mencuci tangan dan mengenakan masker menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah penularannya.

Selanjutnya apabila seseorang sedang batuk/flu diharapkan untuk menutup hidung atau mulutnya menggunakan siku, hal tersebut berguna untuk menghindari percikan virus yang keluar akibat batuk/flu. Kemudian hal yang tidak kalah penting ialah tetap menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi.

Selain itu pencegahan virus Corona menurut ahli virologi dari Queen Mary University, John Oxford, bahwa hal utama yang harus dilakukan seseorang untuk mencegah penularan virus corona ialah menghindari berjabat tangan dengan orang lain. Menurutnya, cara itu akan lebih efektif dibandingkan menggunakan masker saat keluar rumah namun tetap melakukan interaksi ‘bersentuhan’.

Itulah beberapa cara pencegahan wabah virus Corona. Diharapkan masyarakat tidak panik dan tetap menjaga kesehatan serta kebersihan diri. [Suci Kusuma]