Pengunjung Ajang Pekan Busana di Milan pada bulan lalu ketika epidemi di Italia menjamur, dan mengurangi efektivitas acara tersebut. Banyak tayangan acara tersebut yang disiarkan langsung secara daring untuk mencegah berkumpulnya para pengunjung. (Foto oleh Alberto Lingria/Xinhua)

Merebaknya virus corona atau novel coronavirus (2019-nCov) merupakan salah satu wabah penyakit yang menjadi perhatian dunia, termasuk indonesia.

Sebagian Masyarakat Indonesia saat ini mengalami kepanikan diakibatkan wabah virus Corona. Sikap paranoid itulah membuat sistem imunitas kita menjadi lemah.

Kewaspadaan memang diperlukan sebagai upaya pencegahan, tetapi sikap berlebihan sepatutnya untuk dihindari. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Jadi, kita ini hati-hati, tapi tidak sampai paranoid,” ujar Terawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (2/3).

Hal yang terpenting, kata dia, masyarakat harus terus menjaga imunitas dalam kondisi baik, menjaga kebersihan, serta menjaga kesehatan. Selain itu, pemerintah akan melakukan berbagai prosedur dari WHO untuk mencegah penyebaran virus ini.

Imunitas yang baik sangat diperlukan untuk menangkal berbagai macam virus. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 6 cara agar imunitas tubuh kita tetap terjaga :

1. Kurangi Stres

Menjaga diri agar tidak stres berlebihan tidak hanya bagus untuk suasana hati, tetapi juga bisa berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, di mana kadar kortisol dan adrenalin yang lebih tinggi dapat membuat Anda lebih mudah jatuh sakit.

2. Makan Teratur dan Tepat Waktu

Menjaga kesehatan ialah hal yang penting. Saat Anda jatuh sakit, asupan vitamin dan mineral mampu membantu Anda untuk cepat pulih. Tetapi, akan lebih baik jika Anda mencegah daripada menyembuhkan.

Carilah makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C,E dan nutrisi lainnya yang bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, perhatikan pula pola makan Anda, usahakan untuk makan secara teratur sesibuk apa pun kegiatan Anda.

3. Perbanyak Olahraga

Olahraga tidak hanya membuat Anda lebih bugar dan segar. Dengan berolahraga secara teratur, Anda bisa membantu untuk mejaga tekanan darah, berat badan, kesehatan jantung, dan dapat terlindungi dari penyakit tertentu.

4. Konsumsi Air Putih

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, Anda sebaiknya minum air sedikitnya delapan gelas per harinya. Selain itu, bisa pula minum air putih hangat yang bisa memperkuat imun tubuh agar organ seperti ginjal dan hati tetap bekerja dengan baik.

5. Tidur Cukup

Penelitian mengungkapkan kurang tidur dapat membuat Anda rentan terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena tubuh menghasilkan lebih sedikit antibodi ketika kurang beristirahat.

Saat kekurangan waktu tidur, Anda menjadi mudah stres dan insomnia. Waktu istirahat yang baik ialah delapan jam per harinya.

6. Jaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan gastro atau pencernaan lebih penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Diketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri baik telah terbukti dapat membantu infeksi saluran pencernaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sikap paranoid akan menimbulkan stress yang berkepanjangan. Untuk itu kita dihimbau agar tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan. [Suci Kusuma]